INDONESIA

Tradisi Hari Kasih Sayang di Asia

"Meski perayaan hari kasih sayang berasal dari budaya barat, namun negara-negara di kawasan Asia juga merayakannya bahkan memiliki tradisi sendiri."

Aika Augustine

Tradisi Hari Kasih Sayang di Asia
Hari Kasih Sayang, Tradisi, Asia, Aika Augustine

Setiap tanggal 14 Februari, hampir seluruh dunia merayakan hari kasih sayang atau Valentine’s Day. Meski perayaan ini berasal dari budaya barat, namun negara-negara di kawasan Asia juga merayakannya bahkan memiliki tradisi sendiri. Negara apa saja yang merayakan hari kasih sayang dan seperti apa tradisi mereka?

1.    Jepang

Hari Kasih Sayang di Jepang  ternyata dirayakan dua kali lho setiap tahunnya, yaitu pada 14 Februari dan 14 Maret. Ini lantaran tradisi unik yang sudah ada selama bertahun-tahun. Pada hari ini, hanya perempuan lah yang boleh memberikan cokelat kepada laki-laki. Dan cokelat yang diberikan juga tidak sembarangan lho, karena setiap jenis cokelat memiliki makna yang berbeda. Misalnya, jika mau memberikan cokelat kepada rekan kerja atau teman pria, maka jenis coklat yang diberikan adalah Giri-Choko yang berarti kewajiban. Sementara jenis cokelat yang diberikan kepada pasangan adalah Honmei-Choko.  Yang unik dari tradisi ini adalah, pria-pria yang tidak disukai juga kebagian cokelat lho, namanya Cho-Giri Choko.

Nah tepat sebulan kemudian yaitu 14 Maret, kaum pria diberikan kesempatan untuk membalas cokelat yang sudah diterima. Namun lagi-lagi tidak boleh sembarang. Sang pria harus membalas pemberian paling tidak 2-3 kali lipat dari yang diterima. Jika nilai hadiahnya sama, maka si pria dapat dianggap mau mengakhiri hubungan atau si pria tidak menyukai perempuan tersebut. Lalu apa yang terjadi jika si pria tidak ingin membalas? Siap-siap saja untuk dicap egois. Perayaan 14 maret ini dinamakan White Day, maka cokelat yang diberikan berwarna serba putih. Tradisi ini diprakarsai oleh Morinaga, sebuah perusahaan produsen permen dan cokelat.

2.    Korea Selatan

Tradisi hari kasih sayang di Korea Selatan sebenarnya hampir mirip dengan di Jepang. Kaum perempuan berkesempatan memberikan cokelat kepada laki-laki yang disukai pada 14 Februari. Namun bagi pria yang tidak menerima cokelat pada saat perayaan Valentine, maka mereka diharuskan makan mie hitam pada 14 April atau Black Day sebagai lambang dukacita karena mereka masih lajang.

3.    China

Bagi masyarakat China, hari kasih sayang dikenal dengan Qi Xi Jie yang jatuh pada hari ke-7, bulan ke-7 penanggalan lunar. Pada hari tersebut, para pasangan berbondong-bondong ke kuil untuk berdoa agar diberikan kebahagiaan dan kelanggengan. Mereka yang masih lajang juga pergi ke kuil agar segera dipertemukan dengan jodoh mereka. Selain ke kuil, ada satu tradisi unik yang dilakukan oleh para lajang yaitu tradisi mengapungkan jarum tenun di air. Konon jika mereka berhasil mengapungkan jarum tenun tersebut di  atas air, maka mereka dinilai telah siap menikah. (japanese.about.com &digitalromanceinc.com)

  • Hari Kasih Sayang
  • Tradisi
  • Asia
  • Aika Augustine

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!