RAGAM

Indonesia No. 3 Tingkat Kusta Tertinggi di Dunia! Gimana Solusinya?

"Penanganan kusta di Indonesia belum usai. Lalu, bagaimana peran NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundation (SHF) dalam menangani masalah kusta di Indonesia?"

Iqbal Rizqy Ramadhan

Kegiatan Talkshow Ruang Publik Bersama NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundation Edisi “Sasakawa

KBR, Jakarta – Kusta merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan disabilitas. Kasus baru kusta di Indonesia mengalami stagnasi selama 10 tahun terakhir dengan jumlah mencapai 18.000 kasus. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kasus kusta tertinggi ketiga di dunia.

Pemerintah memiliki target untuk angka disabilitas kusta kurang dari 1 orang per 1.000.000 penduduk. Namun, pada tahun 2017 angka disabilitas akibat kusta masih mencapai 6,6 orang per 1.000.000 penduduk.

Hal ini menunjukkan masih adanya masalah dalam penanganan kusta di Indonesia. Salah satunya terkait sosialisasi apa itu kusta dan apa dampaknya bila penyakit ini terlambat ditangani. Selain itu, kusta termasuk penyakit mudah menular bila tidak segera ditangani.

Pada tahun 2021, dilaporkan adanya peningkatan jumlah pasien kusta baru secara global, yaitu sebanyak lebih dari 140.594 pasien. Hal ini menandakan bahwa kegiatan pengendalian kusta telah dilanjutkan atau diperkuat setelah dampak COVID-19 mereda.

Hal ini mengindikasikan adanya keterlambatan dalam penemuan dan pengobatan kusta. Dalam rangka meningkatkan kesadaran kolektif mengenai kusta.

red
Talkshow Ruang Publik yang diadakan bersama NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundation (SHF).

Pada Selasa, 25 Juli 2023 telah dilaksanakan Talkshow Ruang Publik yang diadakan bersama NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundation (SHF) dengan topik pembahasan “Sasakawa Health Foundations & Kusta di Indonesia”.

Adapun yang menjadi narasumber dalam talkshow ini yaitu Ms. Aya Tobiki sebagai Chief Program Officer, Hansen's Disease Program, Sasakawa Health Foundation, Asken Sinaga sebagai Executive Director NLR Indonesia, dan Ardi Yansyah sebagai OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) & Ketua Permata Bulukumba. 

red
Ms. Aya Tobiki - Chief Program Officer, Hansen's Disease Program, Sasakawa Health Foundation

Dalam talkshow tersebut Ms. Aya Tobiki mengungkapkan bahwa “Disarankan untuk peran Lembaga Swadaya Masyarakat itu berada dekat dengan pasien atau OYPMK. Karena dengan seperti itu LSM bisa terus mendorong atau memotivasi pasien dan OYPMK.” ujarnya.

“Selain itu, jika bertemu dengan kasus yang perlu rujukan, nanti rujukannya bisa cepat dilakukan karena berada dekat dengan mereka.” tambahnya.

red
Asken Sinaga - Executive Director NLR Indonesia

Asken Sinaga sebagai Executive Director NLR Indonesia juga mengatakan strategi pencegahan kusta di Indonesia.

“Pada dasarnya NLR mendukung program yang ada dan kita mengisi celah yang ada melalui beberapa pendekatan misalnya kita melakukan inovasi yang dimaksudkan agar program pelaksanaan penanggulangan kusta ini bisa lebih cepat, efektif, dan efisien.” ujarnya.

“Kita mengambil peran di dukungan teknis untuk pelaku-pelaku program di Indonesia, melakukan edukasi masyarakat seluas-luasnya melalui berbagai platform komunikasi, dan melakukan advokasi serta menjalin jejaring dengan pelaku-pelaku program khususnya untuk kusta.” tambah Asken.

red
Ardi Yansyah - OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) & Ketua Permata Bulukumba

Ardi Yansyah sebagai OYPMK & Ketua Permata Bulukumba menyampaikan peran NLR Indonesia dalam memberikan edukasi kusta kepada masyarakat.

“Saya rasa sangat luar biasa ya menurut saya, ketika NLR memberikan semacam pelatihan atau kegiatan yang menjelaskan tentang kusta ini secara aspek medis dan pengalaman pribadi dari OYPMK. Karena kami perlu melihat dari dua sisi ini yaitu medis dan pengalaman pribadi.” ujarnya.

“Tidak hanya itu, tetapi bagaimana NLR ini melakukan peningkatan kapasitas kepada mitra-mitranya termasuk Permata Bulukumba.” tambahnya.

Selain itu, Ardi Yansyah juga menyampaikan manfaat NLR Indonesia dalam memberikan edukasi kusta kepada masyarakat.

“Yang menjadi manfaat bagi saya adalah saya beberapa kali di undang untuk menjadi salah satu narasumber seperti di kegiatan semacam ini serta membuat saya menjadi bisa percaya diri dan berkarya lagi.” ujarnya.

Anda juga bisa menyimak di Ruang Publik secara lengkap edisi “Sasakawa Health Foundations & Kusta di Indonesia” di Youtube Berita KBR. Berita lainnya terkait aktivitas NLR Indonesia bisa anda baca juga di website kbr.id.

NLR Indonesia adalah yayasan nirlaba yang bekerja untuk menanggulangi kusta dan konsekuensinya. NLR Indonesia melanjutkan kerja-kerja penanganan kusta yang telah dilakukan NLR International di Indonesia sejak 1978.

Kami bekerja sama atau bermitra dengan siapa saja yang memiliki nilai, niat dan semangat yang sama dalam kerangka sistem dan budaya di Indonesia untuk mewujudkan Indonesia bebas dari kusta dan konsekuensinya.

Yayasan NLR Indonesia merupakan organisasi independen milik bangsa Indonesia dan merupakan anggota dari NLR Alliance di Belanda. Yayasan NLR Indonesia beraliansi dalam NLR Alliance bersama beberapa organisasi anggota dari 5 negara lainnya karena kami memiliki visi dan komitmen yang sama, yaitu Hingga Kita Bebas dari Kusta (Until No Leprosy Remains).

  • penyakit kusta
  • edukasi
  • NLR Indonesia
  • advertorial
  • Sasakawa Health Foundation

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!