Share This

Perkuat Pelayanan Publik, Pemkot Solo Siapkan 'Kelurahan Online'

Kelurahan online disiapkan menunjang pelayanan publik. Termasuk untuk pengembangan potensi wilayah seperti wisata, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lain-lain.

BERITA , NUSANTARA

Kamis, 10 Agus 2017 14:56 WIB

Perkuat Pelayanan Publik, Pemkot Solo Siapkan 'Kelurahan Online'

Petugas Pemkot Solo menunjukkan salah satu kelurahan online di Solo. (Foto: KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Solo - Pemerintah Kota Solo Jawa Tengah memperkuat pelayanan publik berbasis teknologi informasi (IT). Apalagi, Kota Solo ingin menjadi Smart City atau Kota Cerdas pada 2018 mendatang.

Juru bicara Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Solo, Jackson Napitupulu mengatakan upaya yang dilakukan adalah menyiapkan setiap kelurahan di Solo untuk memiliki akses online (berjaringan internet) dan portal internet mandiri.

Jackson mengatakan kelurahan online disiapkan menunjang pelayanan publik. Termasuk untuk pengembangan potensi wilayah seperti wisata, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lain-lain.

"Dari 51 kelurahan di Solo, saat ini ada delapan kelurahan yang sudah siap go online. Siap dengan website. Memang website ini masih sangat sederhana bentuknya. Tapi, ke depan, kalau tiap kelurahan di Solo ingin mengembangkan potensi bisa memanfaatkan website ini. Kita juga fasilitasi web dengan GPS lokasi agar mudah diakses," kata Jackson Napitupulu di Solo, Kamis (10/8/2017).

Juru bicara Dinas Informasi Kota Solo Jackson Napitupulu mengatakan setiap kelurahan dan kampung di Solo memiliki ikon dan kekhasan masing-masing.

"Harapannya, semua potensi yang belum tergali di kampung atau kelurahan itu bisa muncul di webiste ini. Karena yang tahu detil informasinya ya masing-masing wilayah itu," kata Jackson.

Kota Solo sebelumnya juga sudah memiliki one stop service online (layanan perizinan online terpadu satu pintu), yang dicanangkan sejak era Wali Kota Joko Widodo pada 2005, dan mulai dibuka pada 2017. Ada sembilan item yang dilayani melalui one stop service online ini, diantaranya perizinan Praktik Perawat, Praktik Bidan, HO daftar ulang, Tanda Daftar Perusahaan perorangan, SIUP Mikro, Izin Pemanfaatan Ruang dan Cetak Petak.

Meski begitu, layanan online pemerintah Kota Solo ini tidak terlalu menarik minat masyarakat. Warga Solo banyak memilih mengurus perizinan langsung ke kantor pelayanan perizinan.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.