GKJ Pengalusan Ajak Santri Kasidahan di Gereja

“Banser pengamanan, lalu santri itu nanti akan mengikuti kasidahan di gereja,” kata Pendeta Bagus.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 14 Jun 2019 16:32 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

GKJ Pengalusan Ajak Santri Kasidahan di Gereja

Ilustrasi: Toleransi beragama. (Foto: Flickr/Matthew Fearnley)

KBR, Purbalingga – Gereja Kristen Jawa (GKJ) Pengalusan, Desa Pengalusan, Purbalingga, Jawa Tengah, akan melibatkan kelompok muslim dalam perayaan Minggu Putih pada 15–16 Juni 2019 mendatang.

Minggu Putih, atau disebut juga Pentakosta, adalah hari raya Kristiani yang memperingati 50 hari kebangkitan Yesus. Menurut keyakinan Kristiani, pada hari itu Roh Kudus dicurahkan kepada para rasul di Yerusalem.

Kelompok muslim yang akan terlibat dalam perayaan ini adalah Barisan Ansor Serbaguna Nahdhlatul Ulama (Banser NU) dan santri Pondok Pesantren Roudlatus Sholikhin, Sukawarah, Jawa Tengah.

Banser NU membantu dalam hal pengamanan. Sedangkan para santri bakal ikut mengisi acara di gereja, mulai dari menampilkan kasidah hingga acara budaya undhuh-undhuh, yakni arak-arakan hasil panen yang diikuti dengan lelang.

“Banser pengamanan, lalu santri itu nanti akan mengikuti kasidahan di gereja,” kata Ketua Panitia Perayaan Pentakosta GKJ Pengalusan, Pendeta Bagus Imam Tjahyono, kepada KBR, Jumat (14/6/2019).

Dalam ajang tersebut, umat GKJ dan para santri juga akan mengadakan dialog lintas agama.

“Santri-santrinya kan, nanti setelah hari Sabtunya, mengikuti acara dialog lintas agama. Minggunya, santri-santri menerima hasil gunungan, hasil panenan. Kita membuat suatu tema ‘endahing seduluran’ itu tema utama kita,” tambahnya.

Pendeta Bagus menjelaskan, endahing saduluran berarti membangun toleransi, kebersamaan dan keberagaman.


Gaungkan Toleransi Beragama

Menurut Pendeta Bagus, pelibatan Banser NU dan santri dalam Pentakosta adalah upaya untuk menyuarakan dan merawat semangat toleransi antar umat beragama.

Kelompok Banser sudah pernah ikut dalam perayaan serupa tahun 2018 lalu. Sedangkan bagi kelompok santri Roudlatus Solikhin, ini adalah yang pertama.

Selain acara kasidah, dialog lintas agama, dan undhuh-undhuh, perayaan Pentakosta di GKJ Pengalusan tahun ini akan diisi pemutaran film dari Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga dan komunitas pegiat film pendek Purbalingga.

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18