Laboratorium di Jawa Tengah Bisa Periksa Sample Pasien Terduga Covid-19

Laboratorium ini bisa memeriksa kurang lebih 40 sample per hari

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 26 Mar 2020 15:03 WIB

Author

Anindya Putri

Laboratorium di Jawa Tengah Bisa Periksa Sample Pasien Terduga Covid-19

Petugas Dinas Kesehatan kumpulkan sample darah anggota DPRD Bogor. (Foto: Antara)

KBR, Semarang- Kementerian Kesehatan menunjuk Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, Jawa Tengah sebagai laboratorium penelitian penyakit Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan dengan ditunjuknya B2P2VRP oleh Kemenkes,  Jawa Tengah tidak perlu lagi membawa sample pasien terduga Covid-19 ke Jakarta atau Jogjakarta.

"Alhamdulillah ini bisa membantu rumah sakit rumah sakit yang ada di Jawa Tengah. Setidaknya kita punya kapasitas kurang lebih 40 sample per hari dan saya sudah mendapat penjelasan dengan sangat bagus. Kalau kita bisa memasukkan sample itu sebelum jam 12 maka insya allah hari itu juga sore akan jadi," kata Ganjar kepada KBR, Kamis (26/03/20).

Menurut Ganjar, dengan mempercepat proses pemeriksaan sample pasien terduga Covid-19, maka bisa membantu tenaga medis untuk mempercepat penanganan pada pasien.

"Kita jadi lebih cepat lagi dalam menangani wabah corona di Jawa Tengah," Katanya.

Ia berharap Kemenkes memperbanyak laboratorium yang diizinkan memeriksa spesimen virus corona, utamanya di Zona Merah, agar penanganan pasien lebih cepat sehingga tidak terjadi penumpukan.  


Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Gubernur Jakarta Usulkan Ojek Daring Tetap Boleh Layani Penumpang Selama PSBB

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15