NASIONAL

Survei Indikator: Erick Unggul Cawapres

"Pak Erick ada tren kenaikan, Ridwan Kamil ada tren penurunan,"

AUTHOR / Hoirunnisa

Cawapres 2024
Ketua umum Erick Thohir pidato virtual Pembukaan Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Minggu (28/05/23). (Antara/Reno Esnir)

KBR, Jakarta- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir unggul jadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang paling banyak dipilih masyarakat. Hal tersebut  data dari hasil survei Indikator Politik Indonesia untuk periode 26 Mei-30 Mei 2023.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir yang juga Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berada di posisi teratas dalam simulasi 22 nama cawapres dengan 14,8 persen suara responden.

"Kita sudah cek ternyata bedanya Erick Thohir unggul 0,02 persen dibanding Ridwan Kamil. Jadi kecil sekali. Pak Erick ada tren kenaikan, Ridwan Kamil ada tren penurunan," ujar Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi pada rilis daring Indikator politik Indonesia, Minggu (4/6/2023).

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin mengungkapkan Erick kembali menjadi pilihan mayoritas responden dalam simulasi 18 nama cawapres dengan suara sebanyak 15,5 persen atau unggul dari Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua dengan 15,4 persen.

Baca juga:

Menurut hasil survei Indikator, Erick menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Tak hanya itu, Erick juga cawapres yang paling banyak dipilih bagi masyarakat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin menyebut basis pemilih Jokowi-Amin sebanyak 20,0 persen memilih Erick atau lebih tinggi dibandingkan kandidat cawapres lain.

Survei dilakukan dengan metode digit dialling (RDD) dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.230 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!