NASIONAL

Polri: Tak Ada PPKM, Jumlah Pemudik Diprediksi Melonjak

"Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga situasi di Tanah Air yang mulai memasuki masa pra-endemi."

Polri: Tak Ada PPKM, Jumlah Pemudik Diprediksi Melonjak
Foto dari udara: suasana arus mudik 2022 di jalan tol Jakarta-Cikampek, Rabu, (27/4). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta - Kepolisian memprediksi ada peningkatan jumlah pemudik pada tahun ini. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga situasi di Tanah Air yang mulai memasuki masa pra-endemi.

Juru bicara Mabes Polri Dedi Prasetyo mengatakan, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 123,8 juta orang atau naik 14,2 persen dibandingkan tahun kemarin.

"Dari data Kementerian Perhubungan dari hasil survei yang sudah dilakukan, diprediksikan bahwa pergerakan masyarakat dalam mudik Lebaran tahun 2023 ini mencapai 123,8 juta orang yang akan mudik. Dan hal tersebut bila dibandingkan tahun 2022 mengalami peningkatan 14,2 persen," kata Dedi saat Dialog Publik dalam rangka Persiapan Mabes Polri dan Dishub Soal Sarana Transportasi Publik Mudik Lebaran 2023, Selasa (28/3/2023).

Juru bicara Mabes Polri Dedi Prasetyo menambahkan, kepolisian bersama seluruh pihak terkait telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk menghadapi peningkatan arus mudik.

Di antaranya opsi pemberlakuan jalur satu arah/one way dan lawan arah/contra flow di sejumlah ruas jalan.

Baca juga:

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengusulkan perubahan jadwal cuti bersama Lebaran 2023. Perubahan diajukan dengan pertimbangan manajemen arus mudik, karena potensi membludaknya masyarakat yang bepergian menuju kampung halaman.

Pemerintah akhirnya mengubah jadwal cuti bersama Idulfitri 1444 Hijriah dari sebelumnya 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023.

Perubahan jadwal cuti bersama diambil dalam rapat terbatas mengenai persiapan arus mudik yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Editor: Resky Novianto

  • mudik
  • ppkm
  • lebaran
  • lebaran 2023

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!