NASIONAL

Lantik Menpora Baru, Begini Pesan Jokowi

"Presiden ingin di agenda event SEA games dan Asian games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Menpora baru
Presiden Joko Widodo menyalami Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (03/04/23). (Antara/Sigid Kurniawan)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo  melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau akrab dipanggil Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) menggantikan Zainudin Amali. Pelantikan ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/4) sore pukul 16.00 WIB.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, presiden Jokowi menitipkan beberapa pesan kepada dirinya sebagai Menpora yang baru untuk kemajuan pemuda dan olahraga Indonesia, terutama dalam rangka memenuhi semua program yang telah dilakukan Menpora sebelumnya, seperti Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional

"Presiden ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali, jadi harus efisien tetapi juga mendapatkan hasil medali yang terbaik. Dan kedua arahan pak presiden pak presiden ingin liga-liga pertandingan olahraga itu masih dilaksanakan di level tingkat pendidikan sekolah, dan kuliah. Dan juga untuk rakyat kita diminta untuk menggalakkan Liga antar kampung," kata Menpora Dito dalam keterangan pers, Senin (3/4/2023).

Dito melanjutkan, pesan ketiga Jokowi adalah ingin agar ekosistem sport industri Indonesia ini semakin maju dan semakin mapan. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap di bidang kepemudaan agar indeks pembangunan pemuda naik dan diarahkan kepada kewirausahaan.

Baca juga:

Event Internasional

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan bahwa ke depan event-event internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia akan berjalan maksimal. Dito menyebut, dalam waktu dekat ada tujuh event olahraga internasional di Indonesia, di antaranya menjadi tuan rumah untuk World Beach Games 2023, dan piala dunia bola basket 2023.

Dito mengatakan, bahwa polemik piala dunia sepak bola U-20 jangan sampai terjadi kembali di event-event olahraga lainnya.

"Dengan melihat pengalaman kemarin U-20, Israel, ya pasti mulai per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh stakeholder yang ada. Ya semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan juga menimbulkan titik temu lah ya, mungkin karena kita anak muda, semua kita temui," kata Dito dalam keterangan pers, Senin (3/4/2023).

Dito menegaskan, sikapnya sesuai dengan apa yang sudah disampaikan oleh Presiden Jokowi, untuk tidak mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik.

"Saya sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan Pak Presiden bahwa harus dipisahkan kedua hal itu. Walaupun hal ini adalah suatu kompleksitasnya tinggi, tetapi memang kita akan usahakan yang terbaik," imbuhnya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!