NASIONAL

Kiat Hadapi Resesi 2023 Buat yang Pas-pasan

"Sedia payung sebelum badai resesi melanda"

AUTHOR / Lea Citra

Podcast What's Trending Episode Mengatur Keuangan saat Resesi
Podcast What's Trending Episode Mengatur Keuangan saat Resesi

KBR, Jakarta- Bayang-bayang resesi kian terlihat dan semakin dibicarakan banyak kalangan. Di beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo tidak lupa mengingatkan jajaran menteri dan otoritas terkait soal resesi. Baru-baru ini Jokowi dikabarkan, meminta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) mengantisipasi dan memitigasi potensi resesi global pada 2023.

Resesi ekonomi adalah suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk, terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Apa dampak dari resesi? Dilansir dari laman OJK, beberapa dampak resesi diantaranya adalah:

1. Perlambatan ekonomi akan membuat sektor riil menahan kapasitas produksinya sehingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berpotensi terjadi bahkan beberapa perusahaan mungkin menutup dan tidak lagi beroperasi.

2. Kinerja instrumen investasi akan mengalami penurunan sehingga investor cenderung menempatkan dananya pada bentuk investasi yang aman.

3. Ekonomi yang semakin sulit pasti berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat karena mereka akan lebih selektif menggunakan uangnya dengan fokus pemenuhan kebutuhan terlebih dahulu.

Lantas seperti apa dan kapan kita harus bersiap menghadapi resesi?. Financial Planner Metta Anggriani mengatakan pengaturan keuangan bisa dimulai dari sekarang. Menurutnya pengaturan keuangan yang baik, mampu membuat manusia bertahan di segala situasi dan zaman.

"Nah kita tinggal, gimana caranya kita mengatur keuangan. Supaya yang kalau misalnya resesi datang kita juga, keuangan kita tuh tidak terlalu terganggu gitu ya sebenarnya kan kayak gitu. Kita tuh kan mengelola keuangan dari yang paling sadar. Paling dasar artinya kita punya income, kita bisa mengatur pengeluaran tiap bulan. Di mana income itu cukup ya, di mana kita bisa atur supaya penghasilan selalu lebih besar daripada pengeluaran. Ya kalau ada sisa ditabung, nah tabungan itu yang menjadi dana darurat atau pun untuk tujuan-tujuan lain," Jelas Metta.

Dalam mempersiapkan keuangan kala resesi, Metta menyampaikan kita perlu mengecek pemasukan dan pengeluaran kita. Langkah pertama, kita harus mengecek keterpenuhan dari kebutuhan-kebutuhan sehari-hari. Nah kalau kamu mau tau, tips yang lebih lengkap. Yuk langsung aja dengerin podcast What's Trending KBR, dengan link dibawah ini:

Baca juga:

Cek Fakta: Video Diklaim Uji Coba Pembantaian Menggunakan Gas Beracun lewat Pertandingan Bola?

  • resesi
  • resesi global
  • tips
  • tips keuangan
  • Pengelolaan keuangan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!