NASIONAL

Kemenag: Tiga Ribu Jemaah Masih Tunggu Jadwal Keberangkatan

"“Hari ini jemaah yang tiba di Jeddah sebanyak 3.206 orang, sehingga total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 49.152 orang," "

Angela Ranitta

Kemenag: Tiga Ribu Jemaah Masih Tunggu Jadwal Keberangkatan
Ilustrasi jemaah haji asal Indonesia. (Foto: Kemenag.go.id/MCH 2022)

KBR, Jakarta - Kementerian Agama menyebutkan, sekitar 3 ribuan jemaah calon haji yang masih menunggu jadwal keberangkatan ke Arab Saudi.

Menurut Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama, Akhmad Fauzin, sebanyak 3 ribu jemaah calon haji telah tiba di Jeddah, Arab Saudi, Senin (20/6/2022).

“Hari ini jemaah yang tiba di Jeddah sebanyak 3.206 orang, sehingga total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 49.152 orang," katanya saat jumpa pers “Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 Hijriah” di Jakarta.

Sementara rencana keberangkatan jemaah calon haji Indonesia gelombang kedua per hari ini, mencapai 3.204 orang, dari 8 kelompok terbang (kloter).

"Jumlah jemaah dan petugas yang akan diberangkatkan sebanyak 8 kelompok terbang dari 6 embarkasi dengan jumlah sebanyak 3.204 orang," kata Akhmad Fauzin.

Kementerian Agama juga melaporkan saat ini suhu harian di Arab Saudi berada dalam kisaran 32-46 derajat Celcius. Karenanya, Akhmad Fauzin mengimbau agar jemaah senantiasa menjaga kesehatan dengan membatasi aktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Jemaah Calon Haji Indonesia Sakit di Arab Saudi Bertambah

"Banyak minum air putih, serta menjaga pola makan dan istirahat agar tetap teratur," sarannya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah jemaah haji yang sakit mencapai 160 orang, dan jemaah yang wafat mencapai 7 orang.

"Pemerintah akan membadalkan para jemaah yang wafat sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Mekkah, Arab Saudi," imbuh Akhmad Fauzin.

Editor: Kurniati Syahdan

  • jemaah calon haji
  • jemaah haji
  • Kementerian Agama
  • Arab Saudi
  • tanah suci
  • ibadah haji
  • ibadah haji 2022

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!