NASIONAL

Kasus Ferdy Sambo, Komisi III DPR Cecar Mahfud MD

""Tanggung, Pak. Dibuka saja kalau memang Pak Ketua Kompolnas mendapatkan info soal motif, dapat bocoran tersebut," "

Wahyu Setiawan

Kasus Ferdy Sambo,  Komisi III DPR Cecar Mahfud MD
Bekas Kadiv Propam Ferdy Sambo (tengah) berjalan keluar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). ANTARA/Aprillio Akbar

KBR, Jakarta-  Sejumlah anggota DPR mencecar Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud Md soal motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat saat rapat kerja. Anggota DPR komisi hukum Habiburokhman mengatakan, motif pembunuhan Yosua menjadi isu sensitif yang justru menimbulkan spekulasi di masyarakat. Apalagi sejak Mahfud menyebut motif pembunuhan Yosua hanya boleh didengar orang dewasa.

"Pak Ketua Kompolnas saya tidak mengerti apakah karena kedudukannya bisa mendapatkan informasi tentang penyidikan lebih dahulu, mengatakan telah mendapat bocoran soal motif. Tentu kita enggak ingin detail-detail, Pak. Tapi motif ini pertanyaan, Pak. Ini yang membuat orang spekulasi semua. Ribut se-Indonesia ini karena motif, Pak. Motif ini lah yang dibilang tembak-menembak, atau ditembak, pelecehan atau apa segala macam. Nah saya pikir, tanggung, Pak. Dibuka saja kalau memang Pak Ketua Kompolnas mendapatkan info soal motif, dapat bocoran tersebut," kata Habiburokhman dalam rapat kerja di DPR, Senin (22/8/2022).

Habiburokhman meminta Mahfud membuka saja  bila mendapatkan info bocoran soal motif pembunuhan tersebut.

Baca juga:

Merespon itu, Ketua Kompolnas Mahfud Md mengatakan tidak pernah bilang mendapat bocoran soal motif pembunuhan Yosua.

Mahfud mengatakan, tidak bisa menjelaskan soal motif tersebut. Kata dia, polisi yang bisa menyampaikan konstruksi itu.

"Soal motif itu saya tidak pernah bilang mendapat bocoran. Media massa kan memang begitu judulnya," kata dia.

Mahfud melanjutkan, "Yang saya bilang, soal motif saya tidak menjelaskan. Kan di masyarakat sudah banyak. Misalnya kalau pelecehan seksual itu kan macam-macam. Ada yang sudah di koran cinta segi sekian, ada katanya perkosaan di Magelang. Nanti biar polisi yang mengkonstruksi lah, mana yang benar."

Brigadir Yosua tewas dalam insiden penembakan yang terjadi di rumah dinas bekas Kadiv Propam Ferdy Sambo. Polisi telah menetapkan Sambo, istrinya yakni Putri, dan tiga orang lain sebagai tersangka pembunuhan berencana.


Editor: Rony Sitanggang

  • kaisar sambo
  • Brigadir J
  • duren tiga
  • Ferdy Sambo
  • Mabes Polri
  • judi online
  • Mahfud MD

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!