NASIONAL

Jokowi Yakin Harga Mobil Listrik Akan Makin Murah

"Jokowi meyakini harga mobil listrik akan makin terjangkau seiring dengan berkembangnya teknologi"

Astri Septiani

Jokowi Yakin Harga Mobil Listrik Akan Makin Murah
Presiden Joko Widodo menumpangi mobil listrik dalam kunjungan kerjanya di Kawasan Industri Terpadu Batang, Rabu (8/6/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meyakini harga mobil listrik Indonesia akan makin terjangkau seiring dengan berkembangnya teknologi. Apalagi semua proses produksi akan dilakukan di Indonesia.

Jokowi mengakui, wajar jika harga mobil listrik saat ini masih mahal. Rata-rata ada di kisaran Rp400 juta hingga mencapai Rp2 miliar.

"Untuk pertama seperti itu karena memang harga hampir 50 persen harga dari mobil itu memang cost-nya ada di baterainya sehingga kalau nanti ketemu teknologi terbaru, harga baterainya akan makin murah, makin murah, makin murah," kata Jokowi usai meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Rabu (8/6/2022).

Baca juga :

Jokowi memastikan, proses produksi mobil listrik dari hulu sampai ke hilir akan dilakukan di Indonesia. Kata dia, di Indonesia tersedia bahan mulai dari nikel hingga kobalt.

Sehingga jika semuanya dikerjakan dari hulu sampai hilir, akan menekan biaya produksi yang paling murah dan lebih kompetitif.

Kepala Negara juga ingin membangun ekosistem besar untuk kendaraan listrik. Kata dia, ekosistem juga akan dibangun dari hulu sampai ke hilir.

"Mulai dari penambangan nikel, kemudian smelternya, refinery-nya, kemudian pembangunan industri katoda dan prekursornya, kemudian masuk ke litium baterai, EV baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya. Setelah mobilnya juga masih ada lagi tambahan, yaitu recycle baterai listriknya. Sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin kita kerjakan," kata dia (8/6/22).

Baca juga: Mobil Listrik, Tambang Nikel dan Kerusakan Lingkungan di Sulawesi

Dalam kesempatan itu, Presiden resmi memulai tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi. Jokowi dia berharap Indonesia bisa menjadi produsen pertama dari produk-produk yang berbasis nikel.

Editor: Wahyu S.

  • mobil listrik
  • harga mobil listrik
  • Presiden Jokowi
  • baterai mobil listrik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!