NASIONAL

Jokowi Meresmikan Papua Youth Creative Hub, Apa Itu?

PYCH di Papua merupakan yang pertama di Indonesia.

AUTHOR / Astri Septiani

Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub, Apa Itu?
Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Distrik Abepura, Kota Jayaputa (ANTARA/Sakti Karuru)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan anak muda di Papua berkembang. Kata dia, salah satu sarana yang bisa dijadikan tempat untuk anak muda di Bumi Cenderawasih berkembang, adalah Papua Youth Creative Hub (PYCH).

PYCH tersebut diresmikan Presiden Jokowi hari ini. PYCH di Papua merupakan yang pertama di Indonesia.

"Saya betul-betul merasa sangat bangga karena permintaan saat itu 23 anak-anak yang saya undang ke istana untuk memiliki sebuah ruang untuk pemberdayaan, peningkatan kualitas SDM hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub Kota Jayapura kreatif di Jayapura," ucap Jokowi saat meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Selasa, (21/3/2023).

Kepala negara menginginkan PCYH juga dibangun di beberapa daerah lain di wilayah Timur. Papua Youth Creative Hub (PYCH) merupakan gedung yang memiliki berbagai macam fasilitas dan bisa digunakan masyarakat muda Papua untuk mempercepat pembangunan manusia.

Jokowi menjelaskan Papua Youth Creative Hub yang baru diresmikan memiliki berbagai fasilitas, mulai dari pembuatan ponsel, pembuatan laptop, studio podcast/siniar, musik, dan studio fotografi. 

"Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak-anak muda di provinsi yang lain ketinggalan dengan anak-anak muda yang di Papua. Ada designer untuk pakaian-pakaian etnik Papua yang didesain, diberikan warna sehingga di situ betul-betul diferensiasinya kelihatan sekali. Saya sangat kagum atas kecepatan yang terjadi di sini, " ujar Jokowi.

Baca juga:

Gedung PYCH yang baru diresmikan Jokowi menelan anggaran hingga Rp105 miliar, dan dibangun bersama Badan Intelijen Negara (BIN).

PYCH dibangun secara multiyears, 2021 dan 2022. PYCH berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektare dan dilengkapi berbagai sarana termasuk ruangan untuk pameran UMKM, asrama, lapangan olahraga dan ruang teater yang mampu menampung 400 orang.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!