NASIONAL

Deklarasikan Ganjar Capres, PPP akan Lapor Jokowi

"Sebagai partai koalisi pemerintah, DPP PPP juga akan mengomunikasikan kepada bapak H. Joko Widodo"

AUTHOR / Muthia Kusuma

Ganjar Capres
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyematkan peci kepada Capres 2024 Ganjar Pranowo di Istana Batu Tulis, Bogor, Jabar, Jumat (21/04/23). (Antara/Monang)

KBR, Jakarta-   Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menegaskan masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) usai deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Ketua Umum PPP, Mardiono mengatakan, KIB tidak ada perbedaan pendapat mengenai dukungan capres karena belum ada pernyataan sikap resmi dari PAN dan Golkar.

Kata dia,   PPP akan menjalin komunikasi politik dengan partai lain termasuk KIB usai deklarasi tersebut.

"Selanjutnya sebagai partai koalisi pemerintah, DPP PPP juga akan mengomunikasikan kepada bapak H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia terkait ketetapan Rapimnas V PPP sebagai arah politik perjuangan," ucap Mardiono di Sleman, Rabu, (26/04/2023).

Ketua Umum PPP, Mardiono menambahkan, KIB merupakan kerja sama dalam suatu gagasan, artinya tidak mengikat atau memengaruhi keputusan internal masing-masing partai. Ia juga menegaskan tidak akan ikut mencampuri keputusan partai lain dalam KIB. Kata dia, keputusan partai itu akan mengakomodasi suara dari pendukung akar rumputnya.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) didirikan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Hutan Kota   Plataran, Jakarta, Sabtu (4/6/22).

Baca juga:

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP pada Rabu (26/4) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Dukungan itu merupakan hasil rapat koordinasi pimpinan nasional pada Selasa (25/04).

Dukungan PPP disampaikan setelah  PDI Perjuangan memutuskan akan mengajukan kadernya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pemilu 2024 pada Jumat (21/4). Pengumuman itu disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor.

"Pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 sekaligus tonggak perjuangan Indonesia yang diskriminatif, setara, dan dijamin konstitusi negara. Maka jam 13.45 dengan mengucap bismillahirrahmanniraahim menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres Indonesia dari PDIP," ucap Megawati di Istana Batu Tulis.

Pengumuman Ganjar disampaikan saat PDIP menggelar rapat DPP ke-140 dan dihadiri Presiden Joko Widodo dan   kader PDIP yang  hadir terbatas secara virtual.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!