NASIONAL

Cek Fakta: Video dan Narasi Kebaktian Memakai Jilbab, Sebelum Gempa Terjadi di Cianjur?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 1 - 7 Desember 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid.

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Video dan Narasi Kebaktian Memakai Jilbab, Sebelum Gempa Terjadi di Cianjur?

Sebuah akun twitter mengunggah cuitan berupa video yang diklaim merupakan sekelompok perempuan berjilbab melakukan kebaktian sebelum gempa terjadi di Cianjur. Akun tersebut menyebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi di kampung Palalangon, Cianjur. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 1 - 7 Desember hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dan Narasi soal Kebaktian Memakai Jilbab, Sebelum Gempa Terjadi di Cianjur

Sebuah akun twitter mengunggah cuitan berupa video yang diklaim merupakan sekelompok perempuan berjilbab melakukan kebaktian sebelum gempa terjadi di Cianjur. Akun tersebut menyebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi di kampung Palalangon, Cianjur.

Foto dan Narasi Juara yang Satu ini Sok NKRI tapi Acungkan Syal Bendera LGBT

Sebuah akun twitter membagikan cuitan disertai gambar Ganjar Pranowo yang membentangkan kain ulos dan Jonathan Christie yang membentangkan bendera merah putih saat merayakan kemenangan pada final Thomas Cup 2020. Akun tersebut dalam narasinya mengklaim bahwa Ganjar Pranowo mengacungkan syal bendera LGBT sedangkan Jonathan Christie bangga membentangkan bendera Indonesia.

Video dengan Narasi bahwa Anies Bikin Joe Biden Terpukau Saat Berbicara di KTT G20

Sebuah Kanal Youtube mengunggah video berjudul Anies bikin Joe Biden terpukau saat berbicara di acara KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya

Baca Juga: 

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Pergeseran Tanah Saat Gempa di Cianjur?

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!