NASIONAL

Buka KTT ke-42, Jokowi: ASEAN Mampu Jadi Pemain Sentral

""Saya yakin, kita semua percaya, ASEAN bisa. Asalkan satu kuncinya, persatuan.""

AUTHOR / Agus Lukman

KTT ASEAN
Presiden Jokowi membuka KTT ke-42 ASEAN, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/05/23). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo  membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan kondisi ekonomi global saat ini belum sepenuhnya pulih. 

Kata Jokowi, diperlukan persatuan negara-negara di kawasan ASEAN untuk menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan.

"Saya yakin, kita semua percaya, ASEAN bisa. Asalkan satu kuncinya, persatuan. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan. Kita punya aset kuat sebagai epicentrum of growth, ekonomi yang tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi dan kestabilan kawasan yang terjaga," kata Jokowi dalam sambutannya di KTT ASEAN, Rabu (10/5/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan ASEAN harus makin memperkuat integrasi ekonomi, memperkuat kerja sama inklusif, serta memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi dan stabilitas keuangan.

"Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters, epicentrum of growth," kata Jokowi. 

Baca juga:

- Intimidasi saat KTT ASEAN, AJI Minta Pemerintah Jamin Kebebasan Pers

- Dewan Pers Soroti Masih Tingginya Kekerasan terhadap Jurnalis

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memimpin seluruh pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN yang digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023). Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pada Rabnu ada lima pertemuan yang dipimpin Jokowi.


“Akan ada lima pertemuan yang semuanya akan dipimpin oleh Bapak Presiden yaitu pertemuan KTT dalam format pleno dan kemudian ada empat pertemuan interface masing-masing dengan parlemen, dengan youth, dengan ABAC (ASEAN Business Advisory Council) yaitu dengan bisnis, juga dengan high level task force,” ujar Menlu Retno Marsudi, Selasa (09/10).

Kata Retno untuk Kamis,  11 Mei 2023, Menlu mengatakan, akan ada tiga pertemuan dalam bentuk retreat dan pertemuan subregional.

Menlu mengatakan, dua dari tiga pertemuan tersebut akan dipimpin oleh Presiden Jokowi, yakni Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

Editor:Rony Sitanggang

  • KTT ASEAN
  • Presiden Jokowi
  • pertumbuhan ekonomi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!