Article Image

NASIONAL

Bikin Keuangan Sehat Lewat Financial Check Up

"Di awal tahun, banyak yang mencanangkan tujuan keuangan. Butuh financial check up untuk memastikan status keuangan sehat atau sakit."

KBR, Jakarta - Punya tujuan keuangan apa saja di 2023? Mungkin ada yang mau nikah, beli mobil/motor listrik, nyicil rumah, atau buka usaha. Semua target ini tentu butuh perencanaan sekaligus eksekusi yang matang ya, biar tolakannya pas dan finis sempurna di titik tujuan.

Nah, sedari mula, mending periksa dulu kondisi keuangan dengan financial check up. Sama kayak body, status finansial tuh bisa sehat prima atau sakit-sakitan. Dengan rutin financial check up, 'penyakit-penyakit' keuangan, bisa cepat dideteksi dan dimitigasi.

Menurut certified financial planner, Debby Widjaja, banyak yang enggan melakukan financial check up. Padahal, manfaatnya besar banget untuk merancang strategi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan.

"Bagaimana tahunya uang kita cukup? ya berarti kita harus tahu situasi keuangan saat ini. Banyak banget orang yang kayaknya takut menghadapi realita," ujar Debby.

Komponen-komponen utama dalam keuangan bakal dicek dalam proses financial check up. Ini untuk menentukan status apakah keuangan kita sakit atau sehat.

"Pendapatan, pengeluaran, kemudian utang, apakah utang kita cukup atau kebanyakan. Kemudian tabungan dan juga investasi. Investasi kita sudah sesuai belum sih?" kata Debby.

Baca juga: 

Persiapan Finansial bagi Calon Orang Tua

Ekonomi Gonjang-ganjing Cobain Frugal Living

Debby Widjaja, certified financial planner, menyebut financial check up juga krusial bagi para pebisnis. (Foto: dok pribadi)

Debby bilang, financial check up bisa dilakukan siapa saja. Bahkan, bagi mereka yang berpendapatan kurang atau terlilit utang, malah harus melakukan financial check up. Sebab, kondisi keuangannya sedang tidak baik-baik saja.

"Justru buat mereka-mereka ini, tanpa kita mesti melakukan financial check up aja kita sudah tahulah, 'wah ini benar-benar bermasalah', makanya jadi lebih harus lagi," ujar dia.

Tiap individu disarankan rutin melakukan financial check up. Selain secara tahunan (annually), bisa juga saat kita menghadapi momen-momen besar.

"Misalnya, habis menikah, punya pasangan hidup, ada satu mulut lagi nih yang mesti dikasih makan. Kita harus mikirin kebahagiaannya, gaya hidupnya, dan pengeluaran dia," tutur Debby.

Simak obrolan seru Uang Bicara episode Bikin Keuangan Sehat Lewat Financial Check Up di KBR Prime, Spotify, Google Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.