NUSANTARA

Beli Minyak Goreng di Balikpapan Wajib Celupkan Jari ke Tinta Pemilu

"Berdasarkan laporan dari sejumlah toko modern di sana, para pembeli biasanya mengajak keluarga atau rekan untuk memborong minyak goreng."

AUTHOR / Teddy Rumengan

Beli minyak goreng wajib dicelup tinta pemilu
Ilustrasi: seorang warga menunjukkan jarinya yang telah dicelup tinta pemilu usai membeli minyak goreng di Kantor Bulog, Bandung, Kamis (24/02/22). Foto: ANTARA

KBR, Balikpapan- Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mewajibkan toko retail modern di sana menggunakan tinta pemilu kepada pembeli minyak goreng.

Caranya, pembeli yang sudah membeli minyak goreng diminta mencelupkan jarinya ke tinta pemilu, sebagai tanda mereka sudah membeli atau belum lama membeli. Sebab, tinta pemilu butuh beberapa hari untuk bisa hilang sesudah dicelup ke jari.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman beralasan, kebijakan itu diterapkan untuk mencegah orang membeli minyak goreng berulang-ulang, serta mencegah kelangkaan stok.

"Ini pengakuan dan toko-toko itu lapor ke saya, 'Pak, bagaimana saya mengatasi itu?' Setiap toko saya minta untuk menyediakan tinta itu, jadi setiap yang beli celup tinta, tinta pemilu itu," ujarnya, Rabu, 09 Maret 2022.

Berdasarkan laporan dari sejumlah toko modern di sana, para pembeli biasanya mengajak keluarga atau rekan untuk memborong minyak goreng. Sementara pihak toko tak bisa mencegah upaya tersebut.

"Yang terjadi di lapangan, ini pengakuan semua toko, pengakuan semua ritel yang saya dapat. Ini antreannya sudah disalahgunakan. Satu orang (keluarga) misalnya (hanya boleh) dua liter. Tapi yang antre di dalam itu satu keluarga, pura-pura enggak kenal," imbuhnya. 

Stok Diklaim Cukup

Arzaedi mengklaim, stok minyak goreng sebenarnya mencukupi hingga tiga bulan ke depan. Namun, warga panik setelah ada pemberitaan di sejumlah daerah, dan kemudian membeli dalam jumlah banyak.

Padahal, toko modern telah membatasi pembelian minyak goreng, yakni per orang dua liter. Tetapi, banyak yang menyiasati hal tersebut dengan membawa keluarga untuk membeli.

Kata dia, dalam sehari kebutuhan minyak goreng di Kota Balikpapan sebanyak 28 ribu liter. Menurutnya, konsumsi minyak goreng untuk satu rumah tangga sekira 3 liter.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Harga Minyak Goreng
  • Minyak Goreng
  • Beli Minyak Goreng Celup Jari ke Tinta Pemilu
  • Tinta Pemilu
  • Dinas Perdagangan Kota Balikpapan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!