NASIONAL

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi Harap Tak ada Sanksi

""Jadikan hal ini sebagai pembelajaran berharga bagi kita semuanya, bagi persepakbolaan nasional Indonesia,”"

AUTHOR / Heru Haetami

Batal tuan rumah Piala Dunia U20
Batal tuan ruman Piala Dunia U-20. Waketum PSSI Zainudin Amali memotivasi pesepak bola Timnas di Jakarta, Kamis (30/03/23). (Antara/M Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta–  Presiden Joko Widodo meminta Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, untuk berupaya maksimal agar Indonesia tidak mendapatkan sanksi FIFA.

Instruksi disampaikan Jokowi usai Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola U-20 2023 di Indonesia.

“Saya telah meminta Ketua Umum PSSI, Bapak Erick Thohir untuk terus berupaya semaksimal mungkin agar sepak bola Indonesia tidak terkena sanksi. Termasuk kesempatan untuk menjadi tuan rumah event-event internasional lainnya,” Ujar Jokowi dalam keterangannya di Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (30/03/2023).

Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk menghormati keputusan FIFA tersebut.

Dia mengakui bahwa keputusan tersebut telah memberikan kekecewaan pada masyarakat Indonesia, termasuk dirinya. 

Namun, dia meminta agar masyarakat untuk tidak saling menyalahkan.

“Sebagai bangsa yang besar kita harus melihat ke depan, jangan melihat ke belakang. Jadikan hal ini sebagai pembelajaran berharga bagi kita semuanya, bagi persepakbolaan nasional Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga:

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong Sakit Hati

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI: Bukan Karena Tragedi Kanjuruhan

Sebelumnya, muncul penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Sepakbola Israel dalam ajang Piala Dunia Usia 20  yang digelar di Indonesia bermunculan.  Penolakan di antaranya disuarakan Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang menjadi lokasi pertandingan.

Imbasnya, federasi sepak bola dunia, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia Usia 20 yang mestinya digelar Jumat, 31 Maret mendatang di Bali. Hingga kemudian  FIFA pada Rabu (29/03) memutuskan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. 


 

Editor: Rony Sitanggang

  • Piala Dunia U-20
  • Israel
  • U20
  • Presiden Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!