Pemerintah Tak Rekrut CPNS Tahun ini, ini Alasan Tjahjo

"Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 09 Jul 2020 10:46 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pemerintah Tak Rekrut CPNS Tahun ini, ini Alasan Tjahjo

Ilustrasi. (Foto: setkab.go.id/Domain Publik)

KBR, Jakarta-    Pemerintah meniadakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, dihapusnya rekrutmen CPNS 2020 dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan. Hal ini mengingat bahwa penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Pelaksanaan SKB ini tertunda karena pandemi Covid-19," jelas Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima KBR, Rabu (8/7/2020).

Menpan RB Tjahjo Kumolo menambahkan, pemerintah berencana akan kembali membuka rekrutmen CPNS pada tahun depan. Namun, rencana ini akan mempertimbangkan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dari dampak pandemi Covid-19.

Saat ini, kata dia, pemerintah akan fokus pada penuntasan SKB CPNS tahun 2019 yang belum rampung. Sedianya, SKB digelar pada rentan April-Mei. Namun karena pandemi, Kemenpan RB berencana menyelenggarakannya pada September-Oktober.

Kementeriannya bersama Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tengah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Nasional terkait protokol kesehatan pelaksanaan SKB ini.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi