Pemindahan Ibu Kota, Ini Kata JK

“Tapi harus hati-hati juga, seperti kalau di Kalimantan contohnya lahan gambut banyak bisa terbakar,"

BERITA , NASIONAL

Selasa, 30 Jul 2019 15:26 WIB

Author

Dwi Reinjani

Pemindahan Ibu Kota, Ini Kata JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah harus memikirkan sejumlah aspek dalam pemilihan lokasi pemindahan ibu kota.

JK menilai, lokasi pemindahan ibu kota bukan hanya strategis, namun harus aman dari ancaman. Misalnya, Kalimantan yang digadang-gadang menjadi calon ibu kota, harus dikaji kembali terkait aspek kemanan dan kemudahan akses.

“Tapi harus hati-hati juga, seperti kalau di Kalimantan contohnya lahan gambut banyak bisa terbakar, kalau di Kalimantan Timur juga banyak bekas-bekas tambang. Jadi semua itu juga harus dipilih dulu, tapi ini makan tempo panjang. Ya memilih, menentukan baru perencanaan,” ujar Kalla di kantornya, Selasa (30/07/2019).

Menurutnya, pemerintah saat ini tengah mengkaji baik buruknya lokasi baru pemindahan ibu kota, sehingga ada banyak kemungkinan yang terjadi sebelum rencana awal pembangunan terbentuk.

Terkait dana pemindahan ibu kota, Wapres menambahkan, anggaran tersebut belum tentu dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, karena belum ada rancangan yang jelas.

"Jika sudah ada rancangan pembuatan gedung, jalan, jembatan dan infrastruktur lain, baru bisa dimasukkan ke dalam APBN," tambah Jusuf Kalla.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18