Jokowi Siapkan 3,5 T untuk Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

"Brand-nya harus diangkat, sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi."

, BERITA , NASIONAL

Selasa, 30 Jul 2019 10:38 WIB

Author

Dian Kurniati

Jokowi Siapkan 3,5 T untuk  Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

Presiden Joko Widodo (kelima kanan) didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja mengunjungi kawasan Sipinsur Geosite di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Senin (29/7/2019). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Danau Toba, Sumatra Utara, sebagai destinasi wisata Bali baru, yang berkelas dunia. Jokowi mengatakan, pengembangan wisata Danau Toba akan rampung dalam dua tahun, atau hingga 2020.

Jokowi juga berjanji mencabut izin perusahaan yang terbukti mencemari perairan danau tersebut.

"Dulu saya memutuskan perencanaan pengelolaan Danau Toba ini sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas. Tapi memang produk di sini harus diperbaiki. Brand-nya harus diangkat, sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi. Nanti memang perbaikan itu, tidak hanya urusan tempat wisata. Tapi juga lingkungannya harus kita urus total," kata Jokowi di kawasan Danau Toba, Senin (29/07/2019).

Jokowi menyebut, pengembangan Danau Toba membutuhkan bujet hingga belasan triliun rupiah. Ia berkata, APBN akan mengalokasikan dana Rp3,5 triliun, sedangkan sisanya bisa dikerjakan oleh swasta. Jokowi meyakini, pembangunan berbagai infrastruktur dasar di Danau Toba akan mendatangkan banyak investor untuk ikut membangun destinasi wisata tersebut.

Jokowi optimistis, Danau Toba bisa menarik jutaan wisatawan asing ke Sumatra Utara. Alasannya, kawasan tersebut memiliki 28 jenis pariwisata, yang terbagi dalam empat cluster, meliputi sisi sejarah, sisi budaya, sisi air, dan sisi alam. Selain itu, kata Jokowi, Danau Toba akan dipasarkan dengan konsep yang berbeda dibanding destinasi wisata lainnya, seperti Bali dan Mandalika.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18