Ibu Kota Pindah, Ini Alasan Jokowi Unggulkan Kukar

"Semuanya akan dicek, dilihat, dikalkulasi oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya."

NASIONAL

Rabu, 08 Mei 2019 13:01 WIB

Author

Dian Kurniati

Ibu Kota Pindah, Ini Alasan Jokowi Unggulkan Kukar

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) berjalan keluar usai menunaikan shalat tarawih di Masjid Darul Arqam, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (7/5/2019). (Foto: Antara)

KBR, Palangkaraya-  Presiden Joko Widodo menyebut Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, memiliki keunggulan sebagai calon ibu kota. Alasannya,   diapit dua kota dengan infrastruktur yang lengkap. Hal itu Jokowi katakan usai meninjau wilayah Kalimantan Timur, salah satu kandidat lokasi pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta.

Jokowi berkata, Kutai Kertanegara tergolong potensial dijadikan wilayah khusus pusat pemerintahan, karena berbagai fasilitas pendukungnya telah tersedia di dua kota di sebelahnya, yakni Samarinda dan Balikpapan.

"Semuanya akan dicek, dilihat, dikalkulasi oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya. Kemudian, biar ada feeling begitu, agar nanti dalam memutuskan biar tidak salah. Di sana memang ada keuntungan karena diapit oleh dua kota yang sudah jadi, ada airport-nya dan dihubungkan oleh tol. Nah, ini di tengah-tengahnya," kata Jokowi di Masjid Darul Arqom Palangkaraya, Selasa (07/05/2019).

Jokowi mengatakan, fasilitas infrastruktur penunjang Kutai Kartanegara misalnya jalan tol Balikpapan-Samarinda, dan bandara di kedua  kota tersebut. Menurutnya, kesediaan infrastruktur tersebut akan menghemat bujet pembangunan wilayah ibu kota negara yang baru. Apalagi, pemerintah Kalimantan Timur telah menyiapkan area seluas 5.000 hektare ke sekitar jalur tol Balikpapan-Samarinda, yang berdekatan dengan laut, sebagai calon ibu kota negara.

Namun, kata Jokowi, kesediaan infrastruktur bukan kriteria satu-satunya wilayah yang akan menjadi ibu kota negara. Ia menyebut, banyak aspek lain yang juga harus diperhatikan, misalnya wilayah strategis, bebas ancaman bencana gempa bumi, gunung berapi, tsunami, dan kebakaran hutan, serta tersedia banyak air bersih.

Jokowi berencana mengunjungi beberapa wilayah untuk meninjau lokasi yang menjadi kandidat pemindahan ibu kota negara. Setelah dari Kalimantan Timur, Jokowi bergeser ke Kalimantan Tengah untuk melakukan hal serupa. 

 

Editor: Rony Sitanggang
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Menjadi Relawan Sejak Muda

Menjadi Relawan Sejak Muda

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Cukai Rokok Naik, Lalu Apa?