BERITA

Terendam Banjir, PT PLN Pastikan GISTET Kembangan Normal

""Tim PLN membersihkan gardu induk dan mengecek seluruh alat-alat Memastikan bisa berfungsi dengan baik. Tetapi dari tadi testing dari tadi pagi Insyaallah akan berjalan dengan baik""

Kevin Candra

Terendam Banjir, PT PLN Pastikan GISTET Kembangan Normal
Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Idham Aziz ketika meninjau Gardu Induk Kembangan yang terendam banjir pada 1 Januari lalu. (Foto: KBR/Kevin Chandra)

KBR, Jakarta - PT Perusahan Listrik Negara (Persero) memastikan gardu Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) di Kembangan, Jakarta Barat yang terendam banjir pada 1 Januari lalu, akan beroperasi normal setelah dibersihkan dari bekas banjir.

Wakil Dirut PLN, Darmawan Prasojo mengatakan, GISTET sempat mengalami banjir saat hujan yang cukup deras mengguyur Jakarta, ditambah luapan air dari Sungai Angke.


GISTET merupakan objek vital untuk memasok listrik Jawa-Bali dengan kapasitas 500 kilovolt (kV).


"Saat ini begitu air surut, Tim PLN membersihkan gardu induk dan mengecek seluruh alat-alat Memastikan bisa berfungsi dengan baik. Tetapi dari tadi testing dari tadi pagi Insyaallah akan berjalan dengan baik dan Insyaallah setelah Jumatan bisa berfungsi kembali, Karena gardu ini sangat vital yaitu pasokan listrik dari Jawa turunnya di Gardu Induk Kembangan," ujar Wakil Dirut PLN, Darmawan Prasojo di Gardu Induk Kembangan Jakarta Barat, Jumat (03/01/2020).


Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis juga sempat meninjau Gardu Induk Kembangan di Jakarta barat.


Panglima dan Kapolri juga memastikan anggota TNI dan Polri berkolaborasi membersikan Gardu Induk Kembangan di Jakarta Barat.


"Saya melihat secara langsung gardu-gardu penyuplai yang ada terendam oleh air tapi karena dengan kesigapan anggota TNI dan Polri untuk membantu menormalisasi Gardu Induk Kembangan ini dan bisa dilaksanakan bantuan seperti normalisasi tanggul dan pembersihan. Insyaallah setelah Jumatan Gardu Induk Kembangan akan normal kembali. Karena ini sangat penting mengingat kebutuhan rakyat seluruh wilayah Jakarta, listrik adalah unsur yang nomor satu," katanya ketika meninjau Gardu Induk Kembangan.


Panglima TNI menjelaskan, kunjungan Panglima dan Kapolri merupakan untuk memberikan solusi untuk menjaga gardu induk beroperasi secara normal tanpa adanya gangguan seperti bencana alam.


Selain itu TNI dan Polri juga terus melakukan koordinasi guna memperbaiki dan menormalisasi gardu induk Kembangan.


"Kemarin saya sudah mengecek dari udara termasuk gardu induk yang ada di Gandul aman, hanya saja yang di Kembangan ini ada beberapa yang perlu diperbaiki," tambah Panglima TNI, Hadi Tjahjanto.



Editor: Kurniati Syahdan 

  • PT PLN
  • PLN
  • GISTET
  • Gardu Induk Kembangan
  • banjir jakarta
  • banjir jabodetabek
  • Panglima TNI Hadi Tjahjanto
  • Kapolri Idham Azis

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!