Cegah Banjir, BPPT Akan Lakukan Modifikasi Cuaca

"Jadi tugas kita adalah menjatuhkan awan itu sehingga curah hujan di Jabodetabek akan berkurang secara signifikan."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 02 Jan 2020 13:59 WIB

Author

Heru Haetami

Cegah Banjir, BPPT Akan Lakukan Modifikasi Cuaca

Curah hujan tinggi dan drainase buruk membuat Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, terendam banjir, Kamis (2/1/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Untuk mencegah bencana banjir di Jabodetabek, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan melakukan modifikasi cuaca.

Rencana ini disampaikan Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) BPPT Tri Handoko Seto dalam Rapat Koordinasi Banjir di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

"Jadi kita akan operasikan teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna menjatuhkan awan-awan yang bergerak menuju Jabodetabek. Awan-awan itu arahnya dari Lampung, Selat Sunda, dan seterusnya. Jadi tugas kita adalah menjatuhkan awan itu sehingga curah hujan di Jabodetabek akan berkurang secara signifikan," kata Tri Handoko usai rapat.

Dengan modifikasi cuaca, BPPT menargetkan bisa mengurangi 30-50 persen potensi hujan di Jabodetabek.

Proses modifikasi cuaca akan dilakukan menggunakan dua pesawat terbang model Casa dan CN-295.

"Ya sekarang juga kita akan melakukan persiapan, paling lambat besok pagi sudah bisa harus melakukan penerbangan ya. Kalau bisa sore ini lebih bagus, paling lambat besok pagi bisa beroperasi," kata Tri Handoko.

"Ya seperti biasa ya, kita monitor terus dengan radar cuaca sehingga kita tahu apakah cukup banyak awan-awan yang ke Jabodetabek, kemudian kita terbang kesana untuk menjatuhkan awan awan itu," jelasnya lagi.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Erlin: Edutrip Hadir untuk Meningkatkan Minat Anak ke Museum