Mangsa Manusia, Harimau di India Dilindas Traktor

Direktur cagar alam, Ramesh Pandey mengatakan, pembunuhan harimau di kawasan terlindung adalah hal yang ilegal. Kasus ini akan diproses dengan UU Perlindungan Satwa.

BERITA , INTERNASIONAL

Selasa, 06 Nov 2018 15:01 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Mangsa Manusia, Harimau di India Dilindas Traktor

Harimau yang dilindas oleh traktor. (Foto: NDTV.com)

KBR - Seekor harimau betina di India Utara mati dilindas traktor oleh penduduk desa pada Minggu (4/11/2018). Sebelumnya harimau ini kedapatan memangsa manusia. Petugas kehutanan setempat, Mahavir Kaujlagi menuturkan, penduduk desa pun marah dan memburunya tanpa ampun.

Ketika mencoba meloloskan diri, harimau nahas itu digilas dengan traktor.

"Para penduduk desa yang marah memukulinya tanpa ampun dan kemudian menghancurkannya hingga mati menggunakan traktor," kata Kaujlagi dilansir dari Al Jazeera.

Desa Chaltua terletak di dekat pusat cagar alam di zona inti Dudhwa Tiger Reserve di daerah Lakhimpur Khiri, sekitar 155 mil sebelah tenggara Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh.

Meski sebelumnya, Departemen Kehutanan berupaya merelokasi warga namun tawaran itu ditolak. Padahal pihak berwenang pun sebelumnya telah memperingatkan bahaya yang dihadapi manusia akan adanya binatang liar di kawasan tersebut.

Direktur cagar alam, Ramesh Pandey mengatakan, pembunuhan harimau di kawasan terlindung adalah hal yang ilegal. Ia mengatakan, kasus ini akan diproses dengan Undang-Undang Perlindungan Satwa. Sementara para penduduk desa berdalih, harimau itu melukai manusia sekitar 10 hari yang lalu.

Harimau di India, termasuk hewan yang dilindungi dan dikategorikan terancam punah. Sehingga keberadaannya pun di bawah Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar.

Serangan harimau di negara itu tercatat umum terjadi, data pemerintah menunjukkan rata-rata lebih dari satu orang tewas per harinya akibat konflik dengan harimau ataupun gajah. Data ini dihimpun tiga tahun belakangan.

Otoritas hutan alam, Nagesh Gorle mengatakan para pemburu menembak dan membunuh seekor harimau pemakan manusia di negara bagian Maharashtra pada Jumat (2/11/2018) lantaran hewan itu disebut telah membunuh 13 orang selama dua tahun terakhir.

Alam liar di India, merupakan rumah bagi populasi harimau. Jumah harimau di India termasuk yang terbesar di dunia. Menurut National Tiger Conservation Authority India, penghitungan terakhir pada 2014 memperkirakan jumlah harimau mencapai 2.226 ekor.




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Polisi Didesak Ungkap Jaringan Perdagangan Orang dengan Modus Pernikahan

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Seperti Apa Peran Perempuan Mendorong Penggunaan Energi Terbarukan?