Facebook Luncurkan Inovasi Panggilan Video

Berteknologi AI (kecerdasan buatan), kamera pada perangkat Portal dibekaliteknologi Smart Camera yang bisa menggeser, zoom, dan reframe gambar secara otomatis yang memungkinkan Anda bergerak bebas.

BERITA | INTERNASIONAL

Selasa, 09 Okt 2018 19:21 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Facebook Luncurkan Inovasi Panggilan Video

Foto: Facebook

KBR - Facebook meluncurkan dua perangkat komunikasi untuk panggilan video di rumah, yang disebut 'Portal' pada Senin (8/10/2018). Perangkat yang berbentuk seperti tablet ini dirancang untuk memungkinkan pengguna membuat panggilan video di rumah tanpa harus berdiri tepat di depan layar atau harus terus menerus memegang smartphone.

"Ini adalah perubahan besar bagi perusahaan," kata Wakil Presiden Facebook perangkat keras konsumen Andrew Bosworth kepada AFP.

"Kami telah melihat peningkatan dalam panggilan video, baik di Messenger dan WhatsApp. Dan itu telah menjadi tren luar biasa," katanya lagi.

Berteknologi ArtificiaI Intelligence (kecerdasan buatan), kamera pada perangkat Portal dibekali teknologi Smart Camera yang bisa menggeser, melakukan zoom, dan reframe gambar secara otomatis yang, memungkinkan Anda bergerak bebas. Layar juga dapat berputar 90 derajat untuk tampilan yang lebih luas.

Misalnya, ketika Anda duduk di depan Portal, maka kamera akan secara otomatis membingkai kepala dan bahu Anda. Tetapi begitu Anda berdiri dan bergerak melintasi ruangan, kamera akan tetap membingkai Anda, dengan bidang pandang yang lebih luas. Sehingga, pengguna tidak perlu menyesuaikan kamera seperti menggunakan smartphone dalam melakukan panggilan video.

Kamera dapat mengikuti gerakan, mendeteksi banyak orang dan bahkan fokus pada satu orang dengan fitur yang disebut Spotlight. Ibaratnya, Portal seperti memiliki operator kamera pribadi yang ahli memfilmkan obrolan Anda. Hal tersebut dapat membuat panggilan video Messenger Anda lebih menarik karena bisa berbagi momen yang diinginkan. Misalnya, memasak atau bermain dengan keluarga.

Meskipun Facebook mengakuisisi produsen headset virtual reality Oculus pada 2014, ini adalah pertama kalinya mereka mengembangkan produk perangkat keras konsumen di rumah.

Selain teknologi Smart Camera, Portal juga dilengkapi dengan teknologi Smart Sound. Untuk menelepon seseorang melalui Messenger, Anda cukup mengatakan, ‘Hai Portal, hubungi Dave’ atau siapa pun namanya dari orang yang ingin Anda telepon.

Selama melakukan panggilan, pengguna juga dapat memutar musik melalui Spotify. Dilansir dari CNBC, Portal juga dilengkapi suara Amazon 'Alexa' yang memungkinkan pengguna berbelanja atau mengontrol peralatan rumah tangga.

Meski begitu, peluncuran produk yang menempatkan kamera di dalam rumah kemungkinan bakal meningkatkan masalah privasi bagi para penggunanya.

Seperti diketahui, Facebook telah melakukan beberapa pelanggaran data tahun ini yang melibatkan puluhan juta akun pengguna. Mengenai privasi, Facebook mengklaim panggilan video itu akan dienkripsi sehingga aman.

Selain itu, Portal memakai teknologi AI yang berjalan secara lokal di Portal, bukan di server Facebook.

Portal juga dilengkapi penutup kamera, sehingga kalau sedang tak digunakan maka bisa langsung menutup. Dan, Portal dilengkapi suatu tombol yang mampu menonaktifkan lensa serta mikrofon.

Ada dua model Portal, yaitu versi 10.1 inci seharga $199 atau sekitar Rp3 juta dan Portal+ berukuran 15.6 inci seharga $349 atau sekitar Rp5,3 juta. Meski beda ukuran, keduanya memiliki prosesor dan perangkat lunak yang sama.




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK akan Mati Suri, Jokowi Didesak Keluarkan Perpu