Share This

4 Gempa Bumi Melanda Pantai Barat Kanada

Wilayah ini terletak di dekat zona sesar Cascadia, yaitu garis patahan besar yang terletak di lepas pantai, membentang dari Pulau Vancouver utara ke California Utara di Amerika Serikat.

BERITA , INTERNASIONAL

Senin, 22 Okt 2018 20:39 WIB

Lokasi gempa bumi di lepas pantai barat Kanada. (Foto: USGS)

KBR - Empat gempa bumi berkekuatan 4,9 hingga 6,8 Skala Richter (SR) secara berturut melanda di lepas pantai barat, Kanada pada  Minggu (21/10/2018) malam waktu setempat. Pernyataan ini disampaikan Survei Geologi Amerika Serikat (AS).

Melansir Channel News Asia, gempa pertama berkekuatan 6,6 SR terletak di 218 kilo meter barat daya Port Hardy dan 571 km barat laut Seattle. Sekitar setengah jam kemudian, gempa kedua berukuran 6,8 SR terjadi 196 km barat daya Kota Kanada.

Kurang dari 10 menit, gempa berkekuatan 6.5 SR melanda lagi. Gempa ketiga ini terletak di 222 km barat daya Port Hardy. Lalu berselang 14 menit kemudian gempa 4,9 SR tercatat di lokasi yang sama.

Untuk sementara ini, belum ada laporan awal mengenai kerusakan atau cedera. Selain itu, tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Wilayah tersebut terletak di dekat zona sesar Cascadia, yaitu garis patahan besar di lepas pantai yang membentang dari Pulau Vancouver utara ke California Utara di Amerika Serikat.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.