Bagikan:

Australia Cabut Aturan Pajak Karbon

Senat Australia sepakat untuk mencabut aturan soal pajak karbon. Kebijakan ini diterapkan oleh Partai Buruh saat mereka berkuasa pada 2011 lalu.

INTERNASIONAL

Kamis, 17 Jul 2014 11:00 WIB

Author

Antonius Eko

Australia Cabut Aturan Pajak Karbon

pajak karbon, australia

Senat Australia sepakat untuk mencabut aturan soal pajak karbon. Kebijakan ini diterapkan oleh Partai Buruh saat mereka berkuasa pada 2011 lalu. 


Perdana Menteri Tony Abbott, yang meraih kekuasaan setelah koalisi Nasional Liberal mengalahkan Partai Buruh dalam pemilu tahun lalu, pernah menjadi akan mencabut aturan pajak karbon jika dia memerintah. 


Politisi di negara Kangguru itu sempat berbeda pendapat soal pajak ini. Partai Buruh menilai pajak ini membantu memerangi perubahan iklim. Sementara kalangan Liberal berpendapat pajak karbon telah merugikan kegiatan bisnis di negara itu. 


Hasil voting yang dilakukan senat Australia menunjukkan 39 suara mendukung pencabutan pajak karbon, sementara 32 menentang.  Pajak karbon mewajibkan pihak-pihak yang melakukan pencemaran membayar Rp 152 ribu lebih untuk setiap ton gas rumah kaca yang mereka produksi. 


Namun sejumlah penentang, termasuk Abbot, menyebut pajak karbon ini telah menyebabkan pengangguran dan meningkat harga energi. Sempat pula terjadi unjuk rasa besar-besaran menentang kebijakan ini. 


Pemimpin Partai Hijau Australia Christine Milne menilai keputusan pencabutan ini menjadi hari yang paling buruk bagi Australia. (bbc) 



Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending