COVID-19 Menyebar ke 62 Negara, WHO: Mayoritas Sakit Ringan

"Mayoritas pasien (COVID-19) 80 persen mengalami sakit ringan. Sekitar 14 persen sakit parah, dan 5 persen dalam kondisi kritis," jelas WHO.

BERITA | NASIONAL | INTERNASIONAL

Senin, 02 Mar 2020 13:36 WIB

Author

Adi Ahdiat

COVID-19 Menyebar ke 62 Negara, WHO: Mayoritas Sakit Ringan

Peta penyebaran COVID-19, Senin sore (2/3/2020). (WHO)

KBR, Jakarta - Menurut data WHO, sampai Senin sore (2/3/2020) kasus COVID-19 sudah muncul di 62 negara. Total pasien mencapai 88.913 orang dan kasus kematian 3.043 orang.

"Mayoritas pasien COVID-19 adalah orang dewasa (di atas 20 tahun). Gejala yang paling banyak dilaporkan adalah demam, batuk kering, sesak napas," jelas WHO dalam laporan sebelumnya, Minggu (1/3/2020).

"Mayoritas pasien (COVID-19) 80 persen mengalami sakit ringan. Sekitar 14 persen sakit parah, dan 5 persen dalam kondisi kritis. Menurut laporan awal, sakit parah umumnya dialami orang usia lanjut (di atas 60 tahun) dan orang yang sudah punya penyakit lain," kata WHO.

"Terapi oksigen adalah perawatan utama untuk pasien COVID-19 yang sakit parah. Semua negara harus mengoptimalkan ketersediaan pulse oximeters (alat pengukur kadar oksigen tubuh) dan medical oxygen systems (sistem gas medis)," jelas WHO lagi.


Berita Terkait:


PBB Kucurkan Dana Darurat Rp216 Miliar

Untuk menangani wabah COVID-19, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengeluarkan dana darurat sebesar US$15 juta atau sekitar Rp216 miliar.

Dana itu akan dikelola oleh UNICEF untuk memantau penyebaran virus, investigasi kasus penularan, serta pembiayaan operasional laboratorium.

"Di momen yang sangat penting ini, segala upaya harus dilakukan untuk melawan wabah (COVID-19)," kata Direktur Eksekutif UNICEF di siaran pers WHO, Minggu (1/3/2020).

“Dana darurat ini akan mendukung upaya kami untuk menunjang sistem kesehatan (negara) yang lebih lemah dan menginformasikan cara melindungi diri (dari virus) untuk anak-anak, wanita hamil dan keluarga,” lanjutnya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Akibat Pandemi, Angka Kehamilan dan Pernikahan di Jepang Turun

Survive Corona ala Gue

Bias Kognitif Dalam Masyarakat Saat Pandemi

Eps4. Berhitung Plastik pada Kopi Senja

Seribu Jalan Penolak Undang-undang Cipta Kerja