INTERMEZZO

So You Want To Be Indonesia’s Next Podcaster?

"Podcast di Indonesia berada pada posisi ke 2 dunia setelah Brasil dengan persentase 35 persen."

KBRPRIME

Podcaster
KBR Prime Podcaster Hunt

Tahukah kamu kalau di dunia ini ada 4.7 juta judul siniar atau podcast? Angka itu dirilis oleh Spotify di acara All Ears Spotify Summit yang berlangsung di Jakarta pada November 2022 lalu. 

Ini adalah lonjakan luar biasa jika dibandingkan dengan 500 ribu judul podcast, seperti dirilis Spotify pada tahun 2019. 

Jika kita menilik Spotify Chart, maka kita akan menemukan sejumlah genre yang populer seperti horor, komedi, obrolan tongkrongan dan melankoli.

Dengan pergerakan skema podcast Indonesia yang begitu pesat, perlu usaha lebih jitu untuk menciptakan podcast yang bermakna dan punya misi besar. 

Kita butuh jenis, tema, serta format podcast yang lebih kaya dan beragam, karena kebutuhan dan minat kita juga beragam.

Untuk itu, KBR Prime menghadirkan KBR Prime Podcaster Hunt 2023 untuk mencari anak-anak muda yang berminat membuat podcast dengan tema keberagaman, kemanusiaan dan sosial-politik. 

Terlebih saat ini kita akan menghadapi Pemilu 2024, dan Pemilu kali ini akan didominasi oleh generasi Z dan milenial (hasil survei Center for Strategic and International Studies, September 2022). 

Kamu yang terpilih akan mengikuti boot camp dan belajar dasar-dasar yang dibutuhkan untuk memproduksi podcast, juga bagaimana mengemas isu sosial ke dalam podcast, belajar teknik rekaman dan hosting podcast.

Bagi kamu yang idenya terpilih, bisa mendapatkan fellowship juga lho! Total fellowship adalah Rp 90 juta untuk 30 orang.

Selanjutnya, karya podcastmu juga akan diikutsertakan dalam lomba dengan hadiah total Rp 15 juta untuk 3 pemenang.

Berminat? Baca dulu FAQ untuk KBR Prime Podcaster Hunt di bawah ini ya.

Segera daftarkan diri dan komunitasmu!

Apa itu KBR Prime Podcaster Hunt?


KBR Prime Podcaster Hunt adalah ajang pencarian podcaster muda yang peduli dengan isu-isu di sekitar kita (terutama soal keberagaman, kemanusiaan dan sosial-politik). Kami mencari mission-oriented podcasters yang kritis sekaligus bisa membuat karya yang menawan!

Tema apa saja yang diangkat?


Apa saja! Mengangkat tema keberagaman, kemanusiaan dan sosial-politik ini TIDAK berarti podcastmu akan membosankan lho ya. Justru ini adalah tantangan yang harus dipecahkan para podcaster: bagaimana membuat podcast yang punya misi baik sekaligus menyenangkan untuk didengar.

Ajang Podcaster Hunt ini diniatkan sebagai upaya untuk mendorong lebih banyak lagi produksi podcast yang mission-oriented dari komunitas anak muda, termasuk komunitas/organisasi di kampus.


Oh, ini khusus komunitas?


Kami percaya, komunitas bisa membawa dorongan suara yang lebih kuat, diikuti dengan gerakan yang lebih nyata. Karenanya, kegiatan ini diprioritaskan untuk kamu yang menjadi bagian dari komunitas.

Tapi saya nggak pernah bikin podcast….


Worry not, my dear.
Kamu yang terpilih akan mendapatkan pelatihan dari KBR Prime. Di situ kamu akan belajar dasar-dasar yang dibutuhkan untuk memproduksi podcast. 

Kamu akan belajar soal bagaimana mengemas isu sosial ke dalam podcast, belajar teknik rekaman dan hosting podcast, serta berkesempatan mendapatkan fellowship untuk memproduksi podcast kamu.

Hmm, kalau saya dan komunitas saya sih sudah punya podcast. Masih boleh ikutan?


Boleh dong. Kami ingin komunitas kamu punya podcast yang lebih kece! Dengan ikut boot camp, kami berharap produksi podcast komunitas kamu pun berkelanjutan, sehingga bisa membuat dampak yang lebih besar.

Kapan kegiatan ini akan dilakukan? Apa saja isi kegiatannya?


KBR Prime Podcaster Hunt Boot Camp akan dilakukan pada Februari 2023 secara offline dalam 2 batch.

Baca juga:


Rangkaian kegiatan:
1) Podcast boot camp: 3D2N (weekend) untuk mempelajari aspek produksi podcast. Akomodasi dan transportasi ditanggung panitia.
2) Podcast pitch: siapkan ide terbaikmu untuk dituangkan dalam bentuk podcast.
3) Podcast production: jika idemu terpilih, kamu akan mendapatkan fellowship dan dukungan mentor untuk memproduksi podcast. Total fellowship adalah Rp 90 juta untuk 30 orang.
4) Podcast publication: podcastmu akan tayang di KBR Prime, juga di Anchor/Spotify milik komunitasmu.
5) Podcast and social media campaign competition: karyamu akan diikutsertakan dalam lomba dengan hadiah total Rp 15 juta.
6) Podcaster Hunt Celebration: merayakan lahirnya podcaster-podcaster muda yang punya misi besar untuk Indonesia.

Kamu bisa memproduksi podcast kamu di studio podcast KBR Prime juga lho!

Podcast kamu akan dimuat di KBR Prime, juga di Anchor/Spotify podcast milik komunitas kamu sendiri.

Skuy! Mau daftar dong!

1) Usia 17-25 tahun
2) Punya minat di isu keberagaman, kemanusiaan dan sosial politik
3) Anggota komunitas anak muda dari bidang peminatan apa pun
4) Komunitas masih aktif berkegiatan, berdiri minimal 2 tahun dengan minimal 1,500 followers di IG
5) Berasal dari kota-kota berikut: Bandung, Cianjur, Garut, Depok, Bekasi dan  Bogor
6) Bersedia mengikuti boot camp 3D2N yang diselenggarakan KBR Prime pada Februari 2023 (berlangsung pada akhir pekan, waktu dan tempat menyusul)

OK! Saya siap daftar!

Isi dulu  form ini ya. Kami tunggu sampai 24 Desember 2022.

Nantikan kabar selanjutnya lewat email, juga di IG @kbr.id ya #PodcasterHuntKBRPrime

  • media digital
  • Podcast party
  • podcast
  • KBR Prime
  • #PodcasterHuntKBRPrime

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!