HEADLINE

Teror di Thamrin, Perintah dan Dana Aksi Berasal dari Suriah

"Aliran dana berkali-kali berpindah tangan sebelum sampai ke tangan pelaku. "

Ninik Yuniati

Teror di  Thamrin, Perintah dan Dana Aksi Berasal dari Suriah
Barang bukti dari aksi serangan teror di jalan Thamrin Jakarta (Sumber: FB Krisna Murti)

KBR, Jakarta- Kepolisian Indonesia menyatakan sumber pendanaan teror bom dan tembakan di jalan Thamrin  berasal dari Suriah. Kapolri Badrodin Haiti mengatakan, aliran dana tersebut berkali-kali berpindah tangan sebelum sampai ke tangan pelaku.

Kata dia, jumlah dana tidak sampai miliaran rupiah.

"Dari deteksi yang kami lakukan, memang betul ada perintah dari sana dan ada pendanaan dari sana. (Bagaimana dana masuk?) Saya tidak bisa jelaskan teknis," kata Badrodin di Mabes Polri, Jumat (15/1). 

badrodin melanjutkan, "tetapi yang seperti itu tidak langsung pada yang bersangkutan, bisa melalui tangan ketiga, kelima bahkan kesepuluh baru masuk. (Jumlahnya miliaran?) Tidak," kata Badrodin di Mabes Polri, (15/1).

Badrodin Haiti menambahkan, kepolisian tengah melakukan pengejaran dan penindakan jaringan teroris yang terkait langsung atau tidak langsung dengan bom Sarinah. Sementara, terkait jenazah pelaku sudah dilakukan tes DNA dan diidentifikasi.

Diketahui dua dari lima pelaku merupakan residivis yang pernah melakukan aksi serupa. Satu di antaranya bernama Afif yang pernah ditangkap di Aceh dan dipenjara 7 tahun akibat aksi terorisme.


Editor: Rony Sitanggang

  • teror thamrin
  • Kapolri Badrodin Haiti
  • tes DNA
  • dana dari suriah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!