BERITA

Polisi Bubarkan Aksi Unjuk Rasa di Depan Kedubes Arab Saudi

Mereka menuntut kepastian hukum beberapa orang tenaga kerja wanita Indonesia di Arab Saudi yang dikriminalisasi

AUTHOR / Ade Irmansyah

Polisi Bubarkan Aksi Unjuk Rasa di Depan Kedubes Arab Saudi
Aksi bela TKI di depan kedutaan Arab Saudi di Kuningan, Jakarta, Kamis (02/03). (Foto: KBR/Ade I.)

KBR, Jakarta- Kepolisian membubarkan aksi unjuk rasa keluarga besar buruh migran Indonesia (Kabar Bumi) di depan Kedutaan Besar Saudi Arabia di kawasan Kuningan, Jakarta. Polisi beralasan aksi tidak memiliki izin.

Unjuk rasa yang sebelumnya direncanakan hanya melakukan aksi diam sambil menggelar beberapa spanduk akhirnya ricuh. Petugas menangkapi beberapa lelaki yang menjadi peserta aksi.   Namun, tak selang berapa lama, mereka dilepaskan kembali setelah ada kesepakatan kedua belah pihak untuk   membubarkan diri.


Saat dikonfirmasi, menurut salah seorang penanggung jawab aksi, Nisa Yurra, mengakatan sudah melayangkan pemberitahuan aksi kepada Polda Metro Jaya sejak kemarin. Dia menyayangkan sikap represif aparat keamanan   yang   telah melanggar Konstitusi Indonesia soal kebebasan menyampaikan pendapat yang dilindungi oleh negara.


Sebelum membubarkan diri, beberapa pengunjuk rasa  yang tersisa sempat melakukan orasi di lokasi yang berjarak beberapa ratus meter dari gedung Kedutaan Arab Saudi. Mereka menuntut  kepastian hukum beberapa orang tenaga kerja wanita Indonesia di Arab Saudi yang  dikriminalisasi di sana.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!