BERITA

Hore!! Harga Tes PCR Berpotensi Turun Lagi

"“Pada prinsipnya kami setuju dan kami akan coba exercise, bagaimana affordability dari harga ini bisa dinikmati oleh masyarakat""

AUTHOR / Resky Novianto

Hore!! Harga Tes PCR Berpotensi Turun Lagi
Ilustrasi tes covid-19. (Foto: Antara/Indrayadi TH)

KBR, Jakarta - Direktur Utama PT. Bio Farma, Honesti Basyir menyebut masih ada peluang untuk menurunkan harga tes covid-19 berbasis Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

"Namun, besaran persentase penurunannya masih terus dalam kajian Bio Farma," katanya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, di Kompleks Senayan Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Basyir mengklaim setuju dengan usulan Komisi VI DPR terkait pertimbangan menekan lagi harga tes PCR.

“Pada prinsipnya kami setuju dan kami akan coba exercise, bagaimana affordability dari harga ini bisa dinikmati oleh masyarakat. Kami berterima kasih, pemerintah mestinya melihat bahwa suplai semakin banyak, artinya bahwa harga bisa disampaikan pada level tertentu,” jelasnya.

Baca: Antisipasi Lonjakan Kasus saat Nataru, Berapa Stok Obat Biofarma?

Basyir mengungkapkan, perlu adanya inovasi dan pembaruan model bisnis, agar ekosistem tes PCR semakin menjangkau masyarakat. PT. Bio Farma, kata dia, tengah mengkaji usulan dan saran terkait modelan yang efisien untuk tes PCR.

Basyir mencontohkan penggunaan BioSaliva yang diluncurkan PT. Bio Farma. BioSaliva adalah produk atau metode alternatif saat pengambilan sampel uji PCR. Biasanya sample diambil melalui metode usap atau swab NPOP, menjadi metode gargle PCR atau berkumur sampai pangkal tenggorokan.

“Metode ini bisa menurunkan biaya alat pelindung diri, dan juga bisa dilakukan secara massal. Tetapi kami belum sedetail itu menghitung penurunan biaya (PCR). Tetapi kami punya keyakinan masih ada space atau ruang untuk bisa menurunkan harga PCR. Namun berapa persen turunnya, kami butuh exercise juga karena ini menyangkut nanti kapasitas produksi karena volume juga menentukan harga,” pungkas Honesti Basyir.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan batas tarif tertinggi tes PCR sebesar Rp275.000 untuk wilayah Jawa-Bali. Sedangkan di luar Jawa-Bali, batas tertinggi tarif PCR sebesar Rp300.000.

Berita lainnya: 


Editor: Kurniati Syahdan

  • Tes PCR
  • Harga tes PCR
  • PT Bio Farma
  • Tarif Batas Atas Tes PCR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!