BMKG Aceh: Seluruh Wilayah Aceh Diselimuti Asap

Kabut asap akibat karhutla di beberapa provinsi di Sumatera itu masuk wilayah Aceh sejak 16 September 2019 lalu.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 23 Sep 2019 13:39 WIB

Author

Alfath Asmunda

BMKG Aceh: Seluruh Wilayah Aceh Diselimuti Asap

Langit Aceh diselimuti asap. Menurut BMKG Aceh, seluruh wilayah Aceh tertutup asap Karhutla pada Senin (23/9/2019). (Foto: KBR/Alfath Asmunda)

KBR, Banda Aceh - Kabut asap yang mendera beberapa daerah di Sumatera akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kini ikut merambat ke Aceh.

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), seluruh wilayah Aceh diselimuti asap pada Senin (23/9/2019).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria, mengatakan penyebaran asap merata di seluruh provinsi Aceh dengan tingkat kepekatan asap berbeda-beda di setiap kabupaten dan kota.

"Hari ini, seluruh kabupaten di provinsi Aceh diselimuti kabut asap. Jika dilihat dengan mata, tampak berwarna kuning ke merah-merahan dan langit juga tampak berwarna putih abu-abu relatif rata," kata Zakaria, Senin (23/9/2019).

Zakaria mengatakan kabut asap akibat karhutla di beberapa provinsi di Sumatera itu masuk wilayah Aceh sejak 16 September 2019 lalu.

Saat itu kabut asap menyelimuti langit Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Bireuen dengan jarak pandang berkisar 3-4 kilometer.

"Saat itu asap sempat hilang. Tapi kemarin masuk kembali, dan hari ini (kabut asap) sudah menyeluruh terkena ke seluruh Aceh dengan tingkat kepekatan asap berbeda-beda. Kisaran jarak pandangnya 1-3 kilometer," jelasnya.

Zakaria menuturkan, kembalinya kabut asap ke Aceh itu dengan tingkat kepekatan yang tebal mendera beberapa kabupaten diantaranya; Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Lhokseumawe Aceh Utara, dan kini juga turut merambat ke wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Menurut Zakaria, memang berdasarkan data sebaran asap yang dirilis BMKG Pusat, hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh. Hal itu, menurutnya karena kemungkinan kelemahan satelit.

"Satelit tidak dapat memantau asap bila tertutup awan, dan seperti kita tahu sekarang Aceh sedang banyaknya tumbuh awan hujan. Jadi wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di Provinsi Aceh," terangnya.

BMKG Aceh mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas bekerja di luar ruangan, dan menggunakan masker apabila bepergian menggunakan motor untuk menghindari paparan kabut asap.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Mendikbud Nadiem Makarim Diminta Perbaiki Mental dan Moralitas

Kabar Baru Jam 15

Geliat Feminis Membangun Demokrasi

Geliat Feminis Membangun Demokrasi

Kabar Baru Jam 14