BERITA

Pemilihan Menteri Baru, Jokowi Tak Libatkan KPK dan PPATK

Aisyah Khairunnisa

Pemilihan Menteri Baru, Jokowi Tak Libatkan KPK dan PPATK
Presiden Joko Widodo melantik menteri kabinet baru hasil reshuffle di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). Foto: KBR/Aisyah Khairunnisa

KBR, Jakarta- ­ Pihak Istana mengakui, pemilihan lima menteri kabinet kerja dan sekretaris kabinet tidak melibatkan KPK dan PPATK. Meski begitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi sudah melakukan pelacakan yang cukup lama kepada enam nama tersebut. 

"Ini proses yang sudah panjang dan keputusannya memang baru kemarin dilakukan. Sepertinya mendadak dalam konteks administrasinya mendadak tetapi proses pengurusannya sudah snagat lama," kata Pratikno di Gedung Sekretariat Negara, Kamis (13/8/2015). 

Pratikno menambahkan, kelima nama menteri baru memang baru dipilih Jokowi pada Selasa malam. Namun seleksi sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya. Misalnya, Menteri Koordinator Perekonomian yang baru, Darmin Nasution. Pada awal Juli lalu, Jokowi memanggil Darmin ke Istana Negara. Kemarin Jokowi mengganti lima menteri baru dan sekretaris kabinet. Pada awal pengumuman kabinet kerja periode pertama, Jokowi sebelumnya melibatkan KPK dan PPATK. 

Editor: Malika

  • KPK
  • PPATK
  • Jokowi
  • Darmin Nasution
  • Pratikno
  • Reshuffle kabinet

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!