Aliansi Vaksin Global Jamin Akses Vaksin Covid-19 Rata untuk Seluruh Warga Dunia

"Untuk mengalahkan pandemi Covid-19, dunia bukan hanya butuh terobosan sains, tapi juga butuh kedermawanan," kata Bill Gates.

BERITA | INTERNASIONAL

Jumat, 05 Jun 2020 16:21 WIB

Author

Adi Ahdiat

Aliansi Vaksin Global Jamin Akses Vaksin Covid-19 Rata untuk Seluruh Warga Dunia

Perwakilan negara, lembaga internasional, dan perusahaan swasta yang terlibat dalam Globall Vaccine Summit 2020, Kamis (4/6/2020). (Foto: www.gavi.org)

KBR, Jakarta - Puluhan negara, lembaga internasional, dan perusahaan swasta berkomitmen untuk bekerja sama menyediakan vaksin Covid-19 bagi seluruh warga dunia.

Komitmen tersebut dinyatakan dalam acara Global Vaccine Summit 2020 yang digelar secara virtual, Kamis lalu (4/6/2020). Acara ini diselenggarakan oleh Global Alliance of Vaccine and Immunization (GAVI), lembaga kemitraan global di bidang kesehatan yang didirikan Bill & Melinda Gates Foundation.

"Untuk mengalahkan pandemi Covid-19, dunia bukan hanya butuh terobosan sains, tapi juga butuh kedermawanan. Dan hari ini para pemimpin dari sektor publik dan sektor privat menyatakan akan mendukung GAVI," kata Bill Gates dalam siaran persnya, Kamis (4/6/2020). 

"Saat vaksin Covid-19 sudah siap, lembaga pendanaan dan koordinasi global ini (GAVI) akan memastikan agar seluruh warga dunia bisa mengaksesnya," lanjut Bill gates.

Dalam acara Global Vaccine Summit 2020 ini GAVI berhasil menghimpun donasi dari berbagai negara dan lembaga swasta yang totalnya mencapai US$8,8 miliar atau sekitar Rp122,5 triliun.

Dana itu akan digunakan untuk mendukung pembuatan vaksin Covid-19 serta menyediakan vaksin cacar, polio, dan difteri untuk ratusan juta anak di berbagai negara.

Dalam acara ini GAVI juga meluncurkan Advance Market Commitment for Covid-19 Vaccines (Covax AMC), yakni wadah pembiayaan pengadaan vaksin Covid-19 untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah.

"Ini adalah langkah pertama pembuatan mekanisme global untuk menjamin kesetaraan akses warga dunia terhadap vaksin Covid-19 di masa depan," jelas GAVI dalam siaran persnya, Kamis (4/6/2020).

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Eazy Passport, Solusi Ditjen Imigrasi di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17