Dokter Eva Carneiro Hentikan Gugatan ke Chelsea & Mourinho

"Para pihak sudah setuju untuk menghentikan perselisihan ini melalui perundingan tertutup dan rahasia," kata pengacara pihak Chelsea dan Mourinho.

BERITA

Rabu, 08 Jun 2016 10:38 WIB

Author

Agus Lukman

Dokter Eva Carneiro Hentikan Gugatan ke Chelsea & Mourinho

Dr Eva Carneiro, saat menjadi dokter klub Chelsea. (Foto: thearticblues/Wikimedia/Creative Commons-2.0)

KBR - Bekas dokter klub Chelsea, Eva Carneiro menghentikan kasus gugatannya kepada Chelsea dan bekas manajer Chelsea Jose Mourinho dengan pembayaran ganti rugi yang dirahasiakan.

Perundingan negosiasi dilakukan antara pihak Eva dengan klub Chelsea di dua ruangan terpisah di Pengadilan London South Employment di pinggiran kota Croydon. Setelah perundingan bolak-balik, akhirnya mereka mencapai kesepakatan.

"Para pihak sudah setuju untuk menghentikan perselisihan ini melalui perundingan tertutup dan rahasia," kata pengacara Daniel Stilitz, yang mewakili pihak Chelsea dan Mourinho. Pernyataan itu disampaikan di pengadilan.

Eva Carneiro sebelumnya dikabarkan menolak tawaran sebesar 1,2 juta pounds atau sekitar Rp23 miliar untuk menghentikan gugatannya. Pada Selasa kemarin, Eva semestinya dijadwalkan memberikan bukti-bukti atas tuduhannya terhadap Chelsea dan Mourinho---yang baru saja ditunjuk sebagai manajer Manchester United.

Eva mempersoalkan pemecatan dirinya dari dokter klub Chelsea, dan masalah hukumnya dengan Mourinho---atas tuduhan kriminalisasi dan diskriminasi seksual.

Namun, Mourinho dan petinggi Chelsea secara tidak terduga datang di pengadilan sebelum agenda Eva menyajikan bukti-bukti. Pengadilan sempat ditunda beberapa menit karena ada negosiasi dengan Eva.

Eva Carneiro mengatakan ia kini lega karena kasusnya selesai. Ia menyebut kasus itu menempatkannya pada posisi sulit dan keluarganya ikut tertekan.

Klub Chelsea juga menyatakan senang adanya kesepakatan itu.

"Klub menyesal telah terjadi situasi yang menyebabkan Dr Carneiro meninggalkan klub dan meminta maaf kepadanya dan keluarga atas tekanan yang telah ditimbulkan," begitu tulis pernyataan atas nama Chelsea dan Mourinho.

"Mourinho juga berterima kasih pada Dr Carneiro atas dukungan yang luar biasa dan dedikasinya saat menjadi dokter tim utama Chelsea, dan Mourinho berharap dia sukses pada karirnya," begitu bunyi pernyataan itu.

Namun tidak ada pernyataan langsung dari Mourinho.

Saat menjadi manajer Chelsea, Mourinho memecat Eva Carneiro dari dokter klub, usai Chelsea ditahan imbang 2-2 oleh Swansea City pada 8 Agustus lalu.

Saat itu Eva Carneiro menuduh Mourinho memakinya dengan kata "filha da puta", bahasa Portugal yang artinya anak perempuan pelacur.

Namun, dalam persidangan, lewat pernyataannya Mourinho menyebut istilah yang digunakan adalah "filho da puta", bahasa Portugal yang berarti anak laki-laki pelacur, yang tidak ditujukan pada Carneiro.

Mourinho marah pada Carneiro karena Carneiro dan anggota tim fisik klub Jon Fearn lari ke lapangan untuk menangani Eden Hazard, sehingga pemain itu harus keluar lapangan untuk dirawat. Dan karena itu Chelsea hanya bermain dengan sembilan orang, kiper Thibaut Courtois sudah lebih dulu keluar karena kartu merah.

Mourinho menganggap Carneiro gagal memahami situasi di pertandingan sehingga bertindak emosional dan naif.

Klub Chelsea juga menyebutkan, Carneiro sangat kompeten dan profesional sebagai dokter olahraga. (AFP/BBC) 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kenali dan Obati Katarak Sejak Dini

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12