Kolaborasi FOI dan Media Salurkan Donasi Rp 1,1 Miliar Lewat #BagiAsa

“Kami mencoba untuk terus bergerak di tengah pandemi melalui kerjasama dengan berbagai pihak."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 15 Mei 2020 20:37 WIB

Author

Adi Ahdiat

Kolaborasi FOI dan Media Salurkan Donasi Rp 1,1 Miliar Lewat #BagiAsa

Paket bantuan untuk warga terdampak Covid-19 dari PT Triputra Argo Persada yang disalurkan lewat Gerakan #BagiAsa. (Foto: Ade Wahyudi)

KBR, Jakarta - Foodbank of Indonesia (FOI) bersama Gerakan #BagiAsa telah menyalurkan ribuan paket bantuan untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19

Sampai Jumat (15/5/2020), donasi publik yang terkumpul melalui program #BagiAsa sudah mencapai Rp1.152.852.883. Dari donasi tersebut, sebanyak 2.550 paket sembako telah disalurkan FOI kepada kelompok lansia, kaum dhuafa, masyarakat prasejahtera dan pekerja informal.

Penerima donasi tersebar di 14 titik wilayah DKI Jakarta yakni Koja, Palmerah, Manggarai, Pisangan, Cilincing, Johar Baru, Kembangan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Tambora, Semper, pancoran, Halim, Menteng. Donasi juga didistribusikan ke kawasan Tangerang, dan Bekasi.

Selain sembako, gerakan #BagiAsa juga telah menyalurkan 2.000 porsi makanan siap saji untuk berbuka puasa bagi pekerja Informal melalui Mobil Pangan Foodbank of Indonesia (MPF).

Makanan siap saji ini disiapkan oleh Accelerice dengan harga terjangkau, sebagai bagian dari upaya untuk menghidupkan aktivitas karyawan di jaringan restoran tersebut. 

“Kami mencoba untuk terus bergerak di tengah pandemi melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Harapannya, pertahanan kolektif kita kuat di segala sisi dan meraih kemenangan ” ujar Pendiri FOI Hendro Utomo dalam siaran persnya, Jumat (15/4/2020).

"Foodbank of Indonesia tetap berkomitmen melaksanakan misi untuk membuka dan mendekatkan akses pangan bagi seluruh masyarakat, dengan tetap beroperasi penuh agar dapat terus melayani masyarakat," lanjutnya. 

Di luar program #BagiAsa, selama pandemi Covid-19 FOI juga membuat program bantuan sembako dan makanan berbuka bagi kelompok rentan di 11 titik wilayah di Indonesia, seperti di Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Solo Raya, dan Surabaya.

Hendro menegaskan FOI akan terus mendorong berbagai pihak untuk bekerja sama dalam membantu mengurangi permasalahan kelaparan di tengah pandemi ini.

Pihak-pihak yang telah ikut mendukung program ini antara lain:

  • Triputra Group
  • KedaiSayur
  • Unicharm Indonesia
  • iForte
  • Indika Foundation
  • Blibli.com 


Tentang #BagiAsa

#BagiAsa merupakan aksi solidaritas yang dikampanyekan untuk membantu tenaga medis serta masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Gerakan ini merupakan hasil kolaborasi empat media yaitu Katadata, Bisnis Indonesia, SWA, dan KBR, bersama kantor pengacara Hendra Soenardi, Foodbank of Indonesia (FOI) dan Accelerice. Aksi dilakukan dengan menyalurkan bantuan dalam bentuk barang maupun donasi uang untuk membeli makanan, paket sembako, dan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Pengelolaan dan pendistribusian bantuan dalam bentuk makanan dilakukan sepenuhnya oleh Foodbank of Indonesia (FOI) berdasarkan tata laksana yang ketat. FOI akan mengontrol kualitas makanan hingga penyaluran ke kelompok yang membutuhkan sesuai dengan protokol pencegahan penularan Covid-19, yaitu menghindari kerumunan dan menjaga kehigienisan. Sedangkan kebutuhan makanan siap saji dilakukan oleh Accelerice.

Individu atau korporat yang ingin berpartisipasi dapat menyalurkan donasi melalui Rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Bank BNI: 2005202055.

Setiap donasi yang diterima dan disalurkan melalui Gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen.

Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal empat media nasional yakni Katadata, Bisnis Indonesia, SWA, dan KBR, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat dalam Gerakan #BagiAsa.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Strategi Pembiayaan Lingkungan Hidup

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17