BERITA

Lanjut Bangun Proyek Hambalang, Tiga Hal Ini yang Mesti Dipenuhi

"Tim ahli akan mendalami pergerakan tanah akibat pembangunan sebelumnya menggunakan tanah timbunan. "

Ade Irmansyah

Lanjut Bangun Proyek Hambalang, Tiga Hal Ini yang Mesti Dipenuhi
Presiden RI Joko Widodo meninjau langsung lokasi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3/2016). Foto: Antara

KBR, Jakarta- Hasil Kajian sementara tim ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut sejumlah aspek penting yang harus dipenuhi terkait pembangunan proyek Hambalang. Ini  disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo. Rapat terbatas salah satunya membahas mengenai audit teknis kelanjutan proyek tersebut.

Beberapa aspek yang harus dipenuhi, kata Basuki, antara lain aspek bangunan gedung, aspek geologi dan geo teknik serta tata saluran air dan sistem drainasenya. 

"Pertama bahwa proyek bisa dilanjutkan dengan menyesuaikan daya dukungnya. Jadi istilahnya tim pakar, pembangunan Hambalang ini kemarin adalah seperti doktor umum yang menangani sakit jantung, jadi sakitnya jantung tapi ditangani oleh dokter umum. Sekarang ini tim pakar betul-betul meneliti tiga aspeknya," Ujarnya kepada wartawan di Kantor Presiden, Istana Negara, Senin (2/5/2016)

Basuki melanjutkan, “dari segi aspek bangunan, bangunan dalam proyek tersebut masih tegak semua. Namun, masih ada indikasi gerakan tanah akibat pembangunan sebelumnya menggunakan tanah timbunan. "

Basuki menyatakan tim ahli bakal melakukan kajian mendalam terkait pergerakan tanah pada proyek tersebut. Selain itu, aspek penting lain yang mesti dipenuhi, menurut Basuki adalah pengaturan tata saluran air “jangan sampai ada air yang meresap kedalam kawasan Hambalang itu. Karena claycell itu kalau kena panas seperti kerupuk tapi kalau kena air dia mengembang jadi sangat sensitif.”

Hari ini Presiden Joko Widodo mendapatkan laporan hasil audit teknis terhadap proyek Hambalang yang sudah mangkrak bertahun-tahun. Presiden memutuskan agar pembangunan proyek Hambalang tetap dilanjutkan.  Presiden memberi tenggat waktu hingga akhir tahun ini bagi tim ahli menyelesaikan penelitiannya. “Nantinya, hasil final penelitian ini juga termasuk pada peruntukan bangunan tersebut.”

Editor: Malika 

  • Proyek Hambalang
  • Joko Widodo
  • Basuki Hadimuljono

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!