BERITA

Partisipasi Pemilih di Pengungsian Sinabung Capai 75 Persen

"KBR68H Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karo mencatat tingkat partisipasi di pengungsian Sinabung mencapai 75 persen."

Ninik Yuniati

Partisipasi Pemilih di Pengungsian Sinabung Capai 75 Persen
pemilu, sinabung

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karo mencatat tingkat partisipasi di pengungsian Sinabung mencapai 75 persen.

Anggota KPU Karo Gemar Tarigan mengatakan tingkat partisipasi ini justru lebih tinggi dibanding daerah lain yang tidak terkena bencana. Menurutnya, hal ini dikarenakan konsentrasi warga menumpuk di sejumlah posko sehingga memudahkan proses sosialisasi pemilu.

"Partisipasi kita di pengungsian 75 persen, kalau di daerah normal justru di bawah itu, mungkin saja karena gini, di pengungsian itu kan mereka menumpuk setiap hari, sosialisasinya kan lebih gampang, kumpul pun udah, siang, mereka makan, malam , sudah pasti ngumpul kan setiap posko, jadi kita enak sosialisasi. Partisipasi jadi tinggi," kata Gemar Tarigan, (10/4).

Gemar Tarigan menambahkan banyak perhatian yang diberikan kepada korban Sinabung membuat proses distribusi lancar. Selain itu, 90 persen TPS berada di Kaban Jahe yang berlokasi dekat dengan kantor KPU.

Menurutnya, saat ini penghitungan suara masih dilakukan di sejumlah tempat dan ditargetkan malam ini bisa diselesaikan. KPUD Karo sendiri sudah menggelar pemilihan umum di 31 TPS dengan jumlah pemilih sekitar 11 ribu jiwa.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • pemilu
  • sinabung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!