BERITA

Kutak-katik Pendamping Jokowi dan Pengisi Kabinet

"Yang jadi cawapres Jokowi harus berusia muda."

Khusnul Khatimah

Kutak-katik Pendamping Jokowi dan Pengisi Kabinet
Pemilu 2014, peta koalisi, PDIP, Jokowi

KBR68H, Jakarta - Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego menilai calon kuat pendamping calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo harus mereka yang berusia muda. memiliki kriteria berusia muda. 


Menurut Indria, kriteria ini salah satunya dimiliki oleh peserta konvensi Partai Demokrat dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimmin Iskandar.


“Yang merasakan chemistry itu ada atau tidak ya yang bersangkutan. Syukur-syukur muda, seusia Jokowi kan ada seperti orang-orang yang masuk konvensi Partai Demokrat atau Muhaimin Iskandar dari PKB, “kata Indria. 


Jokowi sendiri mengaku sudah mengantongi lima nama calon pendampingnya untuk melaju di Pemilu Presiden Juli mendatang. Nama-nama itu kata Jokowi sebagian sudah sering disebut-sebut oleh media massa dan akan diumumkan PDIP pekan depan. 


Menteri di kabinet mendatang 


Menteri Keuangan Chatib Basri dan Menteri Perdagangan M Lutfi juga dinilai layak dipertimbangkan untuk masuk ke kabinet pemerintahan dinilai layak dipertimbangkan untuk dilanjutkan dalam kabinet di pemerintahan mendatang. 


Ketua Bidang Perdagangan, Asosiasi Pengusaha Indonesia Franky Sibarani menilai kualitas kedua menteri tersebut independen dan profesional. Selain itu juga penunjukkan mereka pada pemerintahan yang akan datang tersebut agar kebijakan ekonomi saat ini bisa dilanjutkan


“Saya bisa berkomentar bahwa beliau berdua sangat baik dan tepat, tetapi kan tidak bisa berdiri sendiri,” kata Franky. 


“Sebagai profesional, mereka bisa dipertimbangkan.”


Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri menyatakan tak ingin melanjutkan jabatannya saat ini di pemerintahan mendatang. Chatib sudah berencana kembali pada profesinya sebagai dosen dan peneliti di Universitas Indonesia.


Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Pemilu 2014
  • peta koalisi
  • PDIP
  • Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!