Cegah Penyebaran Covid-19, Ini 50-an Pasar di Jakarta yang Siap Layani Belanja Online

"Mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 yang lebih meluas di pasar. Ini salah satu action social distancing yang dilakukan,"

BERITA | NASIONAL

Senin, 30 Mar 2020 12:38 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Cegah Penyebaran Covid-19, Ini 50-an Pasar di Jakarta yang Siap Layani Belanja Online

Tangkapan layar IG belanjar online di pasar tradisional di Jakarta, Senin (30/03).

KBR, Jakarta- Sebanyak 54 pasar tradisional di Jakarta siap melayani belanja daring atau online. Direktur Utama Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, penerapan mekanisme online ini dilakukan agar masyarakat beralih untuk belanja dari rumah sehingga meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.

Ia mengklaim belanja online ini sudah mulai diterapkan sejak 3 pekan lalu. Namun baru hari ini Pasar Jaya merilis daftar pasar yang bisa dituju.

"Langkah ini ada karena memang sekaligus mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 yang lebih meluas di pasar. Ini salah satu action social distancing yang dilakukan oleh kita," ujar Arief saat dihubungi KBR, Senin (30/3/2020) siang.

Direktur Utama Pasar Jaya Arief Nasrudin menambahkan, mekanisme belanja online ini akan menghubungkan pembeli dengan penjual melalui koordinator. Masing-masing pasar tradisional yang menerapkan belanja online ini sudah memiliki koordinator pedagang untuk masing-masing komoditi seperti telur, beras, sayur, daging, dan aneka bumbu.

Masyarakat bisa langsung menghubungi nomor koordinator pedagang untuk tiap komoditi ketika akan berbelanja. Daftar pasar beserta nomor telepon koordinator pedagang sudah dimuat di Instagram Pasar Jaya dan di situs  Pasar Jaya .

"Itu adalah (nomor telepon) koordinator-koordinator dari pedagang per grup, jadi mereka bisa mengalirkan (pesanan) ke teman-teman pedagangnya. Siapa yang memiliki telur, nanti bisa langsung kemudian diakses dari situ," jelasnya.

Arief memastikan, tidak ada perbedaan harga antara belanja online dengan belanja langsung di pasar. Hanya saja jika belanja online, pembeli memerlukan bantuan jasa angkut untuk mengantarkan pesanannya itu.

"Pembeli dan pedagang di situ ada nomor teleponnya jadi bisa direct langsung ke pedagang dan kemudian mekanisme ojol (ojek online) itu akan berfungsi ketika mereka nantinya akan mengirimkan barang," tambahnya.

Beberapa pasar tradisional di Jakarta yang sudah menerapkan belanja online di antaranya Pasar Pluit, Pasar Cempaka Putih, Pasar Senen Blok 3 dan 6, Pasar Minggu, hingga Pasar Pondok Indah. Arif menargetkan akan ada 100-an pasar yang ikut menerapkan belanja online ini.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Antisipasi Arus Balik Pemudik ke Jakarta