Usai Cek Fakta Debat Capres, Situs Cekfakta.com Diretas Jadi Hantu

Serangan terjadi pada server DNS, dan pelaku men-deface tampilan muka situs dengan mengalihkan ke alamat video hantu di situs berbagi video Youtube.com.

BERITA , NASIONAL

Selasa, 19 Feb 2019 21:11 WIB

Author

Agus Lukman

Usai Cek Fakta Debat Capres, Situs Cekfakta.com Diretas Jadi Hantu

Ilustrasi. (Foto: Colin/Wikipedia/CC-BY-SA 4.0)

KBR, Jakarta - Situs kolaborasi antarmedia untuk melawan berita bohong (hoax) Cekfakta.com menjadi korban peretasan.

Serangan terjadi pada server DNS. Peretas mengubah tampilan muka situs dengan cara mengalihkan pengunjung situs Cekfakta.com ke salah satu alamat video hantu di situs berbagi video Youtube.com.

Sejumlah link berita di dalam situs Cekfakta.com juga tidak bisa dibuka, seperti CEK FAKTA DEBAT CAPRES : Capres Jokowi Klaim Impor Jagung Turun? Ini Data BPS. Link itu tetap teralihkan ke video hantu itu.

Diserang Usai Debat Capres

Serangan terjadi pada Selasa (19/2/2019), dua hari setelah Cekfakta.com bersama sejumlah media menggelar acara periksa fakta dan data di kantor Google Indonesia, Jakarta. Cek fakta itu untuk menguji kebenaran pernyataan dua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam debat calon presiden di Hotel Sultan, Minggu 17 Februari lalu.

"Kami menyesalkan peretasan atas situs cekfakta.com yang merupakan kolaborasi media-media online untuk mencerahkan dan memberi informasi yang akurat pada publik" kata Wahyu Dhyatmika, Pemimpin Redaksi Tempo.co, yang turut menggawangi pendirian Cekfakta.com. 

"Ke depan, kami akan memperbaiki sistem pengamanan situs ini dan akan terus berkolaborasi memverifikasi klaim dan melawan hoax serta disinformasi,"  tambah Wahyu

Kecaman juga datang dari Agoez Perdana, Pemimpin Redaksi KabarMedan.com, salah satu anggota Cekfakta.com.

"Peretasan situs Cekfakta.com merupakan pertanda banyak pihak yang tidak senang ketika kebenaran diungkapkan ke publik. Tapi ini tidak akan membuat kami berhenti melawan hoax. Kami akan terus bekerja keras bersama teman-teman media lain yang juga bergabung di kolaborasi Cekfakta.com untuk menghadirkan fakta sebenar-benarnya," kata Agoez. 

Hingga Selasa malam, pengelola Cekfakta.com masih melakukan pembenahan.

Baca juga:

(CEKFAKTA) Prabowo Sebut Kekayaan RI Banyak Berada di Luar Negeri  

(CEKFAKTA) Jokowi Klaim 4 Tahun Ini Impor Jagung Turun Hingga 3,3 Juta Ton  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Polisi Didesak Ungkap Jaringan Perdagangan Orang dengan Modus Pernikahan

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Seperti Apa Peran Perempuan Mendorong Penggunaan Energi Terbarukan?