Bagikan:

Cek Fakta: Narasi soal Perang Indonesia VS Australia di Perbatasan Tak Terelakkan?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 10 - 16 November 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid.

NASIONAL

Rabu, 23 Nov 2022 13:15 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Narasi soal Perang Indonesia VS Australia di Perbatasan Tak Terelakkan?

Sebuah akun tiktok mengunggah video pertempuran yang dibubuhi narasi “Perang Indonesia vs Australia diperbatasan tak terelakkan” pada tanggal 22 Oktober 2022. Dalam video menujukkan tentara Indonesia yang sedang bertempur di sebuah pantai dengan sejumlah perlengkapan senjata dan kendaraan perang. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 10 - 16 November hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Narasi soal Perang Indonesia VS Australia di Perbatasan Tak Terelakkan

Sebuah akun tiktok mengunggah video pertempuran yang dengan narasi “perang Indonesia vs Australia diperbatasan tak terelakkan” pada tanggal 22 Oktober 2022. Dalam video tampak seolah tentara Indonesia sedang bertempur di sebuah pantai dengan sejumlah perlengkapan senjata dan kendaraan perang.

Narasi yang Menyebut Puluhan Orang Cidera Parah Gas Air Mata Hujani Massa Aksi 411 yang Sedang Sholat

Sebuah kanal Youtube mengunggah video berjudul "BERITA TERKINI - APARAT BIADAP‼ PULUHAN JADI KORBAN GAS AIR MATA HUJANI DITENGAH MASA" pada tanggal 5 November 2022. Dalam thumbnail video tersebut, terdapat sekelompok massa yang tengah melaksanakan ibadah sholat dan di bagian belakang seperti asap yang mengepul dan diklaim merupakan tembakan gas air mata aparat.

Narasi Klaim soal Bagaimana Orang Cina Membuat Telur

Sebuah akun Tiktok mengunggah video yang memperlihatkan telur-telur yang tengah dibuat menggunakan mesin dan video tersebut diklaim bahwa itu adalah cara orang Cina membuat telur. Video yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta: Narasi dan Video soal Jokowi Sembunyikan Suap Tiongkok di 20 Rekening Luar Negeri?

Cek Fakta: Meletakkan Bawang Putih di Telinga Sembuhkan Sakit Kepala dan Telinga?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kejar Tayang Pengesahan RKUHP

Most Popular / Trending