Bagikan:

Ada Potensi Lonjakan Kasus COVID-19 Pasca-Libur Lebaran

Untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kasus, pemerintah bakal menggencarkan upaya tes dan lacak selama dua pekan ke depan.

NASIONAL

Senin, 09 Mei 2022 19:54 WIB

Author

Heru Haetami

Lonjakan Kasus COVID-19 Pasca-Libur Lebaran

Keterangan Pers Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kantor Presiden, 9 Mei 2022. (Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo memastikan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih akan terus diterapkan, meskipun kasus aktif harian COVID-19 di tanah air sudah menurun. Jokowi mengaku, langkah itu diambil lantaran pandemi COVID-19 di tanah air belum sepenuhnya terkendali.

“Jadi tolong setelah ini disampaikan PPKM tetap berlanjut sampai betul-betul kita yakin bahwa COVID-19 ini 100 persen bisa kita kendalikan,” ungkap Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (09/05/2022).

Jokowi juga meminta jajarannya agar tetap fokus pada penanganan pandemi. Selain itu, dia meminta dampak gejolak ekonomi global diantisipasi.

“Saya ingin kita semuanya tetap konsentrasi pada masalah yang berkaitan dengan pandemi dan juga yang berkaitan dengan gejolak ekonomi global yang sampai saat ini belum berhenti, belum selesai dan itu menimbulkan ketidakpastian pada ekonomi semua negara,” ujar Jokowi.

Tingkatkan Testing dan Tracing

Sementara itu, Koordinator PPKM wilayah Jawa-Bali sekaligus Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut adanya potensi penambahan kasus COVID-19 pascalibur Lebaran.

Luhut mengatakan, untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kasus, pemerintah bakal menggencarkan upaya tes dan lacak selama dua pekan ke depan.

“Pemerintah akan memantau pergerakan kasus dalam satu dan dua minggu ke depan dengan memperkuat testing dan tracing,” ujarnya dalam konferensi pers daring (9/5/2022).

Luhut mengatakan, potensi lonjakan kasus diprediksi terjadi lantaran tingkat mobilitas masyarakat sangat tinggi saat momen Hari Raya Idulfitri.

Baca juga:

-  Satgas Covid-19: Pandemi Belum Usai, Terapkan Prokes Saat Lebaran

Ada Potensi Lonjakan COVID-19 Usai Lebaran, Ini Pesan Satgas untuk Pemudik

Untuk mengurangi penularan virus, Luhut minta masyarakat yang telah kembali bekerja agar melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH).

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Drama Pemeriksaan Gratifikasi Gubernur Lukas Enembe

Most Popular / Trending