HEADLINE

Satgas COVID-19 Minta Sekolah Aktif Lakukan Surveilans

"Untuk mengantipasi penularan virus saat proses pembelajaran tatap muka (PTM)."

Heru Haetami

Minta Sekolah Aktif Lakukan Surveilans
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. (Foto: tangkapan layar youtube Covid19.go.id)

KBR, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta pihak sekolah melakukan upaya surveilans aktif, untuk mengantipasi penularan virus saat proses pembelajaran tatap muka (PTM).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, upaya yang bisa dilakukan seperti melakukan pemeriksaan dan pelacakan secara periodik.

"Pemerintah mendorong pihak sekolah untuk menggencarkan pencatatan dan pelaporan kasus secara aktif atau disebut aktif surveillance seperti upaya testing secara periodik dan mengerjakan tracing segera jika ada yang tertular," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa (23/11/2021).

Wiku juga mengingatkan sekolah agar selalu memastikan implementasi protokol kesehatan bagi seluruh unsur di sekolah. Kata dia, protokol kesehatan harus dijalankan dimulai dari rumah, saat perjalanan dan saat beraktivitas di sekolah.

"Selaraskan juga dengan peningkatan cakupan vaksinasi khususnya bagi tenaga pendidik dan anak sekolah yang sudah memenuhi kriteria untuk divaksin," katanya.

Baca juga:

Jelang Nataru, Satgas: Kepatuhan Prokes Masih Rendah

Lonjakan Kasus saat Libur Panjang, Ini Wanti-wanti Satgas Covid-19

Editor: Fadli Gaper

  • Satgas Covid-19
  • PTM terbatas
  • Surveilans

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!