Share This

10 Paus Terdampar di Aceh Besar

Dua di antara paus sperma atau kepala kotak itu diperkirakan terluka

, BERITA , NUSANTARA

Senin, 13 Nov 2017 17:56 WIB

Author

Erwin Jalaludin

10   Paus Terdampar di Aceh Besar

Tim gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap 10 ekor ikan paus yang terdampar di perairan Ujung Kareung, Kecamatan Masjid, Kabupaten Aceh Besar, Senin (13/11/17). (Foto : KBR/Erwin Jalaluddin)

KBR, Aceh Besar–Sedikitnya 10 ekor  paus jenis serma atau kepala kotak ditemukan terdampar di Pantai Ujung Kareung, Kecamatan Masjid, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Senin (13/11). Diduga dua ekor di antaranya hewan bergigi terbesar di dunia   ini   terluka sehingga terlihat lemas di bibir pantai setempat.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Andoko Hidayat   belum dapat memastikan penyebab utama  paus tersebut terdampar. Kata Dia, tim gabungan  meliputi Fakultas Kedokteran Unsyiah, Basarnas, Karantina Perikanan, dan tim Polairud  sedang melakukan upaya evakuasi terhadap binatang laut itu di lokasi.

”Kami lagi koordinasi untuk proses evakuasinya, ditemukannya antara pukul 09.00-10.00 Wib, Senin Pagi. Informasi awal dua di antaranya mengalami luka, tapi sekarang Kami coba lihat lebih dekat, nanti ya informasi berikutnya,” kata Andoko menjawab KBR, Senin (13/11).

Terdamparnya  paus di Pantai Ujung Kareung, Aceh Besar ini langsung membuat lokasi dikerumuni  warga. Seluruh hewan bertubuh besar itu dinyatakan masih dalam kondisi hidup.

Pantai Ujung Kareung Kabupaten Aceh Besar  terletak d ikawasan zona laut Samudera Hindia. Kawasan laut dalam ini memiliki beragam spesies, salah-satunya ikan paus.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.