HEADLINE

Harga Anjlok, Ratusan Hektare Tanaman Cabai di Banyuwangi Ditelantarkan

"Harga cabai Merah hanya berkisar Rp 3000 per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit Rp. 7000 sampai 8000 per kilogramnya."

Hermawan Arifianto

Harga Anjlok, Ratusan Hektare Tanaman Cabai di Banyuwangi  Ditelantarkan
Ilustrasi

KBR, Banyuwangi -Para  petani di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, memilih menelantarkan 500 hektare  tanaman cabai, akibat harga cabai anjlok. Saat ini  harga cabai  Merah di  petani  hanya berkisar Rp 3000 per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit Rp. 7000 sampai  8000 per kilogramnya.

Salah satu Petani Cabai di Kecamatan Muncar Banyuwangi Asrofi mengatakan,  saat ini akibat harga anjlok, banyak petani cabai  tidak memanen cabainya.  Mereka melakukan itu karena biaya petik atau panen, tidak sebanding dengan harga jual.

Kata Asrofi, Hasil panen tidak sebanding dengan biaya produksi, jadi banyak petani yang menelantarkan tanaman. Tanaman cabe dibiarkan, tidak dirawat. Dia memperkirakan kondisi tersebut akan terus berlangsung hingga   Desember. Kata Asrofi,  kondisi ini selain  disebabkan kemarau lebih panjang, juga  ditambah dengan menurunnya daya beli masyarakat karena stok yang melimpah.

“Sekarang Banyuwangi panas seperti ini. Tapi masih ada air untuk menghidupi cabai, tanaman itu masih bisa. Tapi karena harganya yang murah akhirnya tidak nutut (mencukupi) ya dilepas tidak nutut. Untuk biaya petik saja tidak mencukupi. Jangan ngomong biaya operasional yang lain, untuk biaya petik saja itu tidak nutut sudah habis sudah,” kata Asrofi kepada KBR, Selasa (27/10/2015).

Salah satu Petani Cabai di Kecamatan Muncar Banyuwangi Asrofi meminta kepada Pemerintah Banyuwangi untuk turun tangan mengatasi kondisi ini. Sebab jika tidak para petni cabai di Banyuwangi akan benar-benar gulung tikar.

Kata dia, untuk mengatasi anjloknya harga cabai ini, Pemerintah diminta   membuat patokan harga eceran terendah. Karena tidak adanya patokan harga,  para tengkulak cabai seenaknya menurunkan harga. Imbasnya menurut dia,  petani cabai terus dirugikan.

Kata dia, di Banyuwangi ada sekitar 2000 hektare tanaman cabai. Dari jumlah tersebut 500 hektare tanaman cabai  ditelantarkan. Sedangan 1500 hektare lainya, petani cabai masih berupaya untuk merawatnya. Dengan harapan harga cabai bisa naik. Namun jika harga cabai tidak kunjung membaik petani cabai terpaksa juga akan menelantarkan 1500 hektare  tanaman cabai tersebut.


Editor: Rony Sitanggang

  • harga cabai anjlok
  • ratusan hektar lahan ditelantarkan
  • Petani Cabai di Kecamatan Muncar Banyuwangi Asrofi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!