BNPB: Rabu, Australia Kirim Herkules Berkapasitas 15 Ton Air

Juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bantuan tersebut berupa pesawat Herkules dengan kapasitas 15 ton air.

BERITA | NASIONAL

Senin, 12 Okt 2015 10:44 WIB

Author

Rio Tuasikal

BNPB: Rabu, Australia Kirim Herkules Berkapasitas 15 Ton Air

Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Yulius Martoni/KBR

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bantuan Australia untuk padamkan asap akan datang Rabu ini.

Juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bantuan tersebut berupa pesawat Herkules dengan kapasitas 15 ton air. Bantuan Australia ini merupakan yang terbesar dibandingkan bantuan Singapura dan Malaysia yang hanya 5-6 ton saja.

Sementara itu, untuk bantuan dari negara-negara lain belum dapat dipastikan bentuk dan waktu kedatangannya.

"Sampai saat ini kami belum dapat update mengenai bantuan dari negara lain, baik dari Tiongkok, Rusia, dan Korea," ujar Sutopo dalam KBR Pagi, Senin (12/10/2015) pagi.

"Kami juga menanyakan ke Kemenlu - yang mengatur flight clearance bantuan tadi - belum dapat dipastikan," jelasnya lagi.

Sutopo menambahkan, bantuan pesawat dari Singapura dan Malaysia sudah digunakan kemarin. Singapura mengirim 1 helikopter Chinook berkapasitas 5 ton air dan Malaysia mengirimkan 1 pesawat bombardir amfiibi berkapasitas 6 ton air.

Dua pesawat itu sudah ikut melakukan water bombing di OKI, Sumatera Selatan, bersama 9 pesawat lain dari Indonesia.



Editor: Quinawaty Pasaribu 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru jam 10